Bahaya Cuaca Panas Ekstrem, Lakukan Tips ini Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Bahaya Cuaca Panas Ekstrem, Lakukan Tips ini Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

BMKG ungkap penyebab udara panas ngelekeb yang terjadi akhir-akhir ini, Sabtu 5 Mei 2024-Foto: Ilustrasi/Freepik -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Cuaca panas ekstrem dapat berbahaya bagi kesehatan, terutama jika tubuh tidak mendapatkan air yang cukup dan banyak beraktivitas di luar ruangan saat panas terik. 

Belakangan ini cuaca panas yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia terasa menyengat. Kondisi ini dikeluhkan banyak orang karena merasakan ketidaknyamanan terutama saat harus beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca panas ekstrem.

Cuaca panas ekstrem bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Alhasil, tubuh pun akan lebih rentan sakit atau mengalami berbagai masalah kesehatan.

Tentu kamu tidak ingin mengalami sakit. Untuk itu, penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit pada kondisi ini dan aktivitas lancar serta kualitas hidup pun terjaga.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan karena cuaca panas. Berikut ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas:

Perbanyak Minum Air Putih

Saat cuaca panas, tubuh kita cenderung kehilangan cairan lebih cepat. Untuk menghindari dehidrasi, penting untuk memperbanyak minum air putih. Pastikan untuk minum air secara teratur setiap hari. Hindari minuman berkafein dan berenergi karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Perbanyak Konsumsi Buah

Buah-buahan tinggi kadar air seperti semangka, melon, dan jeruk adalah pilihan yang baik saat cuaca panas. Selain memberikan rasa segar, konsumsi buah-buahan juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan juga kaya akan vitamin dan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Olahraga di dalam Ruangan

Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap fit dan prima, meski cuaca sedang panas-panasnya. Kendati demikian, hindari olahraga di luar ruangan karena berisiko tinggi menyebabkan heatstroke, dehidrasi berat, dan gangguan kesehatan lainnya. Solusinya, kau bisa berolahraga di tempat gym atau di dalam rumah. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan adalah yoga, latihan kekuatan, dan kardio.

BACA JUGA:

Gunakan Krim Pelembap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: