Panduan Lengkap Memelihara Iguana sebagai Hewan Peliharaan

Panduan Lengkap Memelihara Iguana sebagai Hewan Peliharaan

Panduan Lengkap Memelihara Iguana sebagai Hewan Peliharaan--Foto: ideogram.ai

BACA JUGA:

Masalah kesehatan umum lainnya yang sering dialami iguana peliharaan termasuk penyakit ginjal akibat dehidrasi, infestasi parasit cacing, kekurangan nutrisi akibat diet yang tidak seimbang, dan kesulitan pengelupasan kulit saat proses pergantian kulit (moulting/ecdysis).

Tanda-tanda penyakit seperti penurunan nafsu makan, produksi feses yang berkurang, perubahan warna kulit, pernafasan berisik, gerakan yang lambat atau lesu harus segera ditangani dengan membawa iguana ke dokter hewan yang berpengalaman menangani reptil. 

Kondisi darurat seperti iguana kepanasan, jatuh dari ketinggian, patah tulang, sembelit, gangguan telur, kejang, atau pusing seharusnya mendapat penanganan medis secara cepat.

Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu keunggulan memelihara iguana adalah usia harapan hidupnya yang cukup panjang, yaitu bisa mencapai 20 tahun lebih jika perawatannya dilakukan dengan baik dan konsisten. 

BACA JUGA:

Hal ini sangat menguntungkan dibandingkan hewan peliharaan lain yang umurnya jauh lebih pendek. 

Kelebihan lainnya, pola aktivitas diurnal yang dimiliki iguana memungkinkan pemiliknya untuk mengamati dan berinteraksi dengan hewan peliharaannya di siang hari. 

Sifat herbivoranya juga membuat menu makan iguana relatif mudah untuk dipenuhi dengan menyediakan campuran sayuran, dedaunan dan buah-buahan sesuai rekomendasi.  

Namun demikian, menjadi pemilik iguana juga memiliki banyak tantangan. Biaya awal untuk membuat atau membeli kandang besar sesuai ukuran iguana dewasa serta melengkapinya dengan pencahayaan, penghangat dan fasilitas lain yang dibutuhkan untuk mengatur suhu dan kelembaban lingkungannya sangatlah mahal. 

Proses menjinakkan iguana agar bersikap jinak dan tidak agresif terhadap pemiliknya juga membutuhkan waktu yang sangat lama serta kesabaran ekstra karena iguana punya naluri untuk selalu merasa terancam oleh manusia atau hewan lain di sekitarnya.  

BACA JUGA:

Bahkan setelah dijinakkan sekalipun, iguana tidak akan pernah menjadi hewan peliharaan yang suka bermanja layaknya kucing atau anjing karena secara naluriah mereka adalah pemburu mangsa.

Tantangan terbesar adalah jika ada anak-anak di rumah, karena anak kecil cenderung bergerak tiba-tiba dan tidak terkendali yang bisa membuat iguana merasa terancam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: