Jangan Diabaikan! Ini 8 Ciri-ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah

Jangan Diabaikan! Ini 8 Ciri-ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah

Ilustrasi ciri rem mobil yang mengalami masalah, jangan sampai diabaikan dan segera lakukan perawatan agar kerja rem mobil kembali optimal--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rem memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, apalagi kendaraan roda empat atau lebih.

Rem merupakan komponen kendaraan yang vital dan perlu diperhatikan dengan sangat untuk menghindari kecelakaan.

Pasalnya rem tidak hanya memastikan keselamatan pengemudinya saja, melainkan juga keselamatan orang lain.

Salah satu masalah yang paling banyak terjadi hingga menyebabkan kerugian yang besar bahkan bisa menghilangkan nyawa adalah rem blong.

Untuk menghindari hal itu terjadi pada Anda, perlu diketahui ciri-ciri rem mobil mengalami masalah supaya bisa dilakukan Langkah penanganan dengan cepat.

BACA JUGA:Ini Tanda, Penyebab dan Akibat Minyak Rem Mobil Berkurang

BACA JUGA:Kenali Jenis dan Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus untuk Kendaraan

Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mengetahui tanda rem mobil bermasalah sangat penting, pasalnya kondisi ini sangat di waspadai dan harus segera dilakukan penanganan agar mobil tetap bisa bekerja optimal.

Berikut ini 8 ciri-ciri rem mobil mulai bermasalah:

1. Terdengar Suara Mendecit

Ketika menginjak pedal rem dan timbul suara berdecit, itu merupakan salah satu gejala kampas rem atau brake pad yang sudah tipis bahkan habis. Kampas rem yang telah habis bisa menyebabkan rem tidak bekerja maksimal bahkan gagal berfungsi kalau diabaikan.

2. Cairan Rem Berkurang

Penyebab berkurangnya volume cairan rem di antaranya adalah kebocoran pada selang maupun seal yang sudah termakan usia. Berkurangnya cairan rem juga menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem sudah menipis karena piston pada kaliper rem bergerak lebih jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: