Jangan Diabaikan! Ini 8 Ciri-ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah

Jangan Diabaikan! Ini 8 Ciri-ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah

Ilustrasi ciri rem mobil yang mengalami masalah, jangan sampai diabaikan dan segera lakukan perawatan agar kerja rem mobil kembali optimal--Freepik

3. Lampu Indikator Rem Menyala

Merupakan salah satu masalah umum yang menunjukkan bahwa rem perlu servis berkala dan peringatan masalah. Setidaknya ada dua indikator rem di panel instrumen, yaitu untuk ABS (Anti-lock Brake System) dan level cairan minyak rem. Segera lakukan pemeriksaan jika ada yang menyala.

4. Mobil Tertarik ke Satu Sisi Saat Pengereman

Kondisinya, ketika pedal rem ditekan, mobil seperti membuang ke arah kiri atau kanan. Bisa kamu rasakan dari setir lantaran harus menahan agar mobil tidak ikut belok. Kemungkinan ini terjadi karena saluran distribusi tekanan minyak rem tidak beres dan bocornya salah satu silinder piston rem.

5. Pedal Rem Terasa Keras

Pedal yang terasa keras menjadi tanda rem mobil bermasalah dan akan memicu rem blong. Terjadi lantaran tersumbatnya saluran fluida, pecahnya selang vacum, silinder roda macet atau kampas rem terkena oli sehingga macet.

BACA JUGA:Jangan Cabut Kunci, Begini Cara Mengatasi Rem Blong saat Mengemudi Mobil

BACA JUGA:Penting, Ini 6 Jurus Atasi Rem Blong pada Mobil untuk Terhindar dari Kecelakaan Maut

6. Rem Bergetar

Umumnya terjadi karena kondisi sepatu rem yang mengeras atau rem terkena oli. Rem bergetar juga bisa berasal dari piringan cakram atau teromol rem tidak rata yang akan melemahkan kinerja rem sehingga kehilangan daya di kondisi kerja yang berat.

7. Injakan Pedal Rem Tambah Dalam dan Ringan

Kondisi ini menandakan bahwa cairan rem sudah berkurang bahkan habis. Jika cairan rem habis, maka injakan pedal rem akan terasa ringan bahkan hilang karena tidak mampu meneruskan daya untuk menekan kampas rem. Angin pada sistem rem juga menjadi sebab pedal rem terasa ringan.

8. Jarak Pengereman Bertambah

Biasanya kamu bisa memperkirakan jarak pengereman mobil yang dipakai sehari-hari. Makanya, saat terasa jarak pengereman bertambah padahal kondisi jalan baik-baik saja, segera lakukan pengecekan sistem rem mobil.

Ketika Anda sudah mengalami salah satu atau beberapa tanda yang sudah disebutkan diatas, segeralah ke bengkel untuk melakukan perawatan rem mobil Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: