Penting, Ini 6 Jurus Atasi Rem Blong pada Mobil untuk Terhindar dari Kecelakaan Maut

Penting, Ini 6 Jurus Atasi Rem Blong pada Mobil untuk Terhindar dari Kecelakaan Maut

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rem blong bisa terjadi kapan saja pada mobil dengan berbagai penyebab. Hal ini harus diatasi dengan pilihan cara yang tepat dan kondisi pikiran tenang

Mobil adalah kendaraan yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini. Mobil banyak dipilih karena memang memiliki kapasitas yang lebih besar dan desainnya juga modern.

Namun, beberapa kerusakan pada mobil seperti rem blong tetap sering terjadi.

Rem yang mendadak blong tentu saja bisa membuat panik pengguna karena ini akan membahayakan.

Untuk itu, hal ini perlu diantisipasi dan kamu perlu mengetahui wawasan terkait rem yang blong lebih banyak lagi. Untuk itu, simak informasi di bawah ini.

BACA JUGA:Paksa Penumpang Beli Tiket Bus, 2 Calo di Pelabuhan Merah Ditangkap

1. Menurunkan Gigi Secara Bertahap

Sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengendara dalam kecepatan tinggi. Ketika kamu mengetahui bahwa rem kendaraan mengalami blong, segera turunkan gigi secara bertahap, dari tinggi  ke rendah.

Ada kemungkinan bahwa putaran RPM  (rotasi per menit) akan sangat tinggi ketika kamu menurunkan gigi. Hal tersebut tidak masalah selama kamu menurunkannya secara perlahan Teknik ini biasa disebut sebagai teknik pengereman mesin.

2. Memanfaatkan Rem Tangan

Selagi kamu melakukan pengereman mesin, imbangi juga dengan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan.

Ada alasan mengapa rem tangan dilakukan pada langkah kedua. Rem tangan akan sekejap menghentikan ban. Hal ini menyebabkan ban menjadi selip sehingga mobil bisa terbalik.

Oleh karena itu, turunkan dulu gigi baru manfaatkan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

3. Jangan Matikan Mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: