Kenali Jenis dan Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus untuk Kendaraan

Kenali Jenis dan Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus untuk Kendaraan

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Minyak rem adalah salah satu komponen penting di dalam mobil yang terkadang dilupakan oleh para pemilik mobil.

Fungsi utamanya adalah untuk melumasi komponen logam di bagian cakram dan kampas karena kedua komponen sistem pengereman tersebut akan saling bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan

Perlu diketahui, ketika piringan cakram dan kampas rem saling bergesekan maka akan menghasilkan panas. Dengan adanya minyak rem yang berkualitas maka kedua komponen pada sistem pengereman tersebut bisa menjadi lebih tahan panas dan tidak kering. Selain itu, peran minyak rem juga untuk mendorong kampas secara hidrolis, sehingga mobil bisa mengurangi kecepatannya.

Dalam penggunaan minyak rem sebaiknya pilih minyak rem dengan kualitas yang bagus agar sistem pengereman mobil berfungsi optimal.

Sebelum membahas lebih lanjut soal rekomendasi merek minyak rem berkualitas, tak ada salahnya jika kamu mengetahui dulu klasifikasi minyak rem agar tidak salah dalam memilih minyak rem yang bagus. 

BACA JUGA:Presiden Palestina Ucapkan Selamat untuk Prabowo Ungguli Pilpres 2024

Pengertian Minyak Rem Mobil 

Brake fluid atau sering disebut juga dengan minyak rem adalah salah satu komponen cairan penting dalam sistem pengereman kendaraan. Komponen ini sangat vital dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh cairan lainnya.

Jadi, ketika Anda menginjakkan kaki ke pedal rem maka minyak rem akan mentransfer gaya tersebut menjadi tekanan ke rem depan dan belakang sehingga dapat menghentikan kendaraan. Selain itu, dalam proses pengereman akan muncul panas sehingga penting bagi minyak rem untuk memiliki karakteristik tahan panas. 

Dampak Jika Minyak Rem Mobil Habis atau Tidak Diganti

Seperti komponen mobil yang lain, minyak rem juga perlu diganti secara berkala. Umumnya, penggantian minyak rem dapat dilakukan pada interval 2 tahun atau ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 20.000 km pemakaian. Meskipun begitu, hal ini juga tergantung dengan kualitas minyak rem yang digunakan.

Jika minyak rem memiliki kualitas yang baik, maka minyak bisa digunakan untuk 2 tahun pemakaian. Namun jika Anda menggunakan minyak berkualitas rendah, maka kemungkinan dalam waktu 1 tahun saja mobil sudah akan ngempos. 

Selain itu, ketika minyak rem tidak diganti selama bertahun-tahun, maka beberapa komponen mobil lain juga akan berisiko mengalami kerusakan seperti berikut:

1. kualitas minyak rem akan menurun sehingga rawan mendidih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: