Bedah Desa Wisata Namatota di Kabupaten Kaimana Papua Barat, Alamnya Indah dan Terjaga

Bedah Desa Wisata Namatota di Kabupaten Kaimana Papua Barat, Alamnya Indah dan Terjaga

Desa Wisata Namatota di Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat, penuh pesona sebagai desa bahari dengan biota lautnya Foto : Industry.co.id --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Program Desa Wisata gagasan Pemerintah Pusat, berhasil mengangkat desa-desa yang ada di Indonesia  masuk menjadi unggulan dalam program tersebut.

Desa wisata bentuknya membenahi desa, agar potensi yang mereka punya bisa dikenal luas dari aspek kepariwisataan sebagai salah satu Destinasi Wisata yang dimiliki oleh Desa.

Pemerintah menyiapkan program Dana Desa (DD), yang dapat dipergunakan untuk  melengkapi sarana dan prasarana Desa termasuk untuk keperluan internet supaya Bumdes bisa melakukan promosi ke luar Desa melalui jaringan internet.

Destinasi Desa wisata Program Pemerintah Pusat yang dikomandoi Menteri Sandiaga Uno dan dibawah kendali Presiden Jokowi menyentuh semua desa di Indonesia, tidak terkecuali Desa-desa di Provinsi Papua Barat, yang ada di Kabupaten Kaimana. 

Kita bakal menjumpai Destinasi Wisata Teluk Triton dan mengunjungi serangkain tempat wisata yang di berada di Kota dengan Julukan Kota Senja.Di sini tidak puas rasanya jika belum datang ke Kampung Namatota di Distrik Kaimana Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat.

BACA JUGA:

Kampung ini memiliki ciri keindahan alam yang tetap terjaga baik oleh masyarakat di Kampung tersebut. Kawasannya termasuk dalam kawasan konservasi Perairan Kaimana (Taman Wisata Perairan I Kaimana) dan Namatota merupakan Pulau tersendiri yang terpisah dari Pusat Kota Kaimana.

Kampung Namatota dalam pengembangan desa wisata, mengunggulkan ekowisata, berkonsep Desa Bahari.

Ekowisata di Namatota tak hanya menawarkan keindahan alam dan mendapat profit. Di dalamnya ada nilai konservasi, edukasi, partisipasi masyarakat dan ekonomi, Bahwa masyarakat Namatota adalah pemilik, penjaga, pengelola dan sekaligus sebagai penerima manfaat dari aktivitas pariwisata.

Dari akar budayanya pengembangan Kampung Namatota sebagai Kampung Wisata disepakati dengan pola Ekowisata. Tujuan Namatota membuka diri untuk  menerima pariwisata bukan semata-mata untuk mendapat profit. Tetapi untuk  menjaga kelestarian alam, lingkungan, budaya dan adat istiadat. 

Pengembangan Namatota menjadi Desa Wisata, didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana dan Kemitraan dengan Yayasan EcoNusa Sebumi id, IUD, CI Indonesia, Komunitas Fotografi Kaimana, Dinas Kominfo dan Perkumpulan PEMALI

Desa Wisata Namatota disediakan akomodasi berupa lima (5) unit rumah penduduk yang dijadikan Homstay, penginapan kampung dengan harga yang terjangkau. Bungalow di Pantai Raja dan bagi yang suka tantangan atau outdoor dapat berkemah di Pantai Temaumum.

Beberapa jenis ikan unim yang hanya dijumpai di Perairan Namatota seperti Heteroconger mercyae, Pentapodus numberii, Pseudochromis jace Siphamia stenotes, Paracheilinus nursalim, Hiu yang berjalan di Pasir (Herniscyllium henryi) dan Pomacentrus fakfafensis. Juga keindahan alam bawah laut dan taman laut dari segitiga karang dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: