Daya Tarik Wakatobi, Suguhkan Keindahan Surga Wisata Dunia yang Ada di Bawah Laut

Daya Tarik Wakatobi, Suguhkan Keindahan Surga Wisata Dunia yang Ada di Bawah Laut

Potret keindahan bawah laut Taman Nasional Wakatobi.-Foto: Instagram.com/@indonesiaindhaka-

Menjadi lokasi favorit menyelam dan snorkeling, tentu saja Wakatobi menyimpan keindahan bawah laut yang tak perlu diragukan lagi. Wilayah ini memiliki 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang ada di dunia. Dengan luas 1,39 juta hektare, Wakatobi memiliki 50 titik selam. Tak heran, destinasi wisata ini menjadi salah satu spot menyelam yang paling diminati para wisatawan.

BACA JUGA:

3. Menjelajahi keindahan Pulau Wangwangi

Pulau Wangiwangi merupakan salah satu dari empat pulau utama di Wakatobi. Pulau ini merupakan pintu gerbang menuju keindahan laut yang ada di Wakatobi. Terdapat berbagai bentuk terumbu karang, mulai dari yang datar, landai, cekung, terjal, hingga berbentuk seperti gua. Saat menyelam, kamu akan melihat pemandangan tanpa dasar sedalam 90 kaki. Pulau ini juga memiliki tempat wisata berupa pemandian umum dengan air yang jernih dengan warna kebiruan, yakni Pemandian Kontamale. Tempat wisata ini memiliki beragam kolam dengan kedalaman air yang berbeda-beda.

4. Mempelajari kearifan lokal Suku Bajo

Masih di sekitar Pulau Wangiwangi, tepatnya di Desa Mola, terdapat masyarakat yang memiliki kebiasaan dan gaya hidup unik. Kelompok etnis Bajo ini percaya bahwa dirinya merupakan keturunan langsung dari laut. Orang-orang Bajo dapat bertahan hidup berbulan-bulan di laut tanpa persediaan makanan maupun peralatan modern. Mereka juga bisa tinggal di soppeks (perahu kayu). Dengan bantuan pemandu lokal, pengunjung dapat mempelajari segala hal tentang suku ini dengan mengelilingi kanal-kanal yang mereka tinggali. Meski Suku Bajo kini perlahan sudah mulai menjalani hidup yang sedikit lebih modern, pengunjung tetap bisa merasakan langsung cara hidup mereka tempo dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: