Daya Tarik Wakatobi, Suguhkan Keindahan Surga Wisata Dunia yang Ada di Bawah Laut

Daya Tarik Wakatobi, Suguhkan Keindahan Surga Wisata Dunia yang Ada di Bawah Laut

Potret keindahan bawah laut Taman Nasional Wakatobi.-Foto: Instagram.com/@indonesiaindhaka-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas, hal ini bertujuan untuk meningkatkan devisa negara dan meningkatkan pendapatan serta pemberdayaan masyarakat. 

Sejauh ini Wakatobi tengah gencar membangun daerah untuk mendukung pariwisatanya. Wakatobi pada 2016 memang ditetapkan pemerintah menjadi salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. 

Destinasi prioritas lainnya adalah Borobudur, Danau Toba, Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru, Pulau Komodo, Pulau Seribu, Tanjung Kelayang, Mandalika, Wakatobi, Morotai, dan Tanjung Lesung.

Data dari Taman Nasional Wakatobi memperlihatkan betapa Wakatobi layak dijadikan destinasi pariwisata prioritas. Dari 820 jenis karang yang ada di dunia, 750 jenis karang (90 persen) di antaranya ada di Wakatobi. Dengan demikian, 90 persen jenis karang di dunia terdapat di Wakatobi.

BACA JUGA:

Selain itu, Wakatobi juga menjadi salah satu tempat penyelaman kelas dunia, world class diving site. Terdapat puluhan lokasi selam dan operator wisata selam yang siap memanjakan wisatawan menikmati surga bawah laut.

Di Wakatobi juga terdapat suku Bajo yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas laut. Keunikan adat budaya mereka memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. 

Potensi keunikan wisata laut dan budaya tersebut mengantarkan Wakatobi ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Bumi Ke-8 di Indonesia oleh UNESCO pada 2012.

Terdapat banyak keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Wilayah ini juga termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi yang telah ditetapkan sejak 1996.

Setidaknya, terdapat empat pulau menawan, di antaranya Pulau Wangiwangi (wa), Pulau Kaledupa (ka), Pulau Tomia (to), dan Pulau Binongko (bi). Bagi pencinta olahraga menyelam dan snorkeling, Wakatobi merupakan destinasi wisata yang sempurna untuk bersenang-senang.

Bukan itu saja, Wakatobi masih memiliki sederet keunikan lainnya. Melansir dari wakatobikab.go.id, berikut daya tarik Wakatobi:

1. Tempat berburu produk kreatif lokal

Oleh-oleh menjadi salah satu hal yang wajib dibeli saat berwisata. Wakatobi juga memiliki berbagai cenderamata khas berupa produk kreatif lokal yang berkualitas, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan. Salah satu produk yang bisa kamu beli adalah kain tenun khas yang merupakan salah satu warisan budaya. Beberapa desa di Wakatobi memproduksi kain tenun dengan ciri khasnya masing-masing, salah satunya di Desa Pajam. Para wanita di Wakatobi memang diajarkan cara menenun secara turun-temurun. Kain Tenun di Desa Pajam memiliki motif yang cukup identik, yakni motif garis untuk wanita dan motif kotak-kotak untuk pria.

2. Keindahan panorama bawah laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: