Deretan Bioskop Tertua di Indonesia yang Legendaris dan Berjaya pada Masanya

Deretan Bioskop Tertua di Indonesia yang Legendaris dan Berjaya pada Masanya

Potret bioskop legendaris Indonesia pada masanya.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Rosihan Anwar mengatakan tak jauh seperti muda-mudi tahun 2000-an, mereka janjian dan berpacaran di Bioskop Metropole. Konon gaya arsitektur Bioskop Metropole langka dan sulit kita temukan di seantero Asia.

Sebab bangunan tersebut mengandung gaya arsitektur Art Deco khas bangunan kolonial pada zaman awal kejayaan VOC. Mengingat gaya arsitektur Art Deco yang langka, pemerintah mengeluarkan undang-undang cagar budaya untuk melindungi bangunan Bioskop Metropole.

Sampai saat ini bangunan Metropole tidak boleh berubah bentuk, adapun akan direvitalisasi harus izin terlebih dahulu pada Dinas Kebudayaan setempat terlebih dahulu.

Bioskop Talbot 

Bioskop pertama di Indonesia ada di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada tahun 1900. Menurut keterangan pengamat film sekaligus wartawan senior, Yan Wijaya, saat itu bioskop masih menampilkan film bisu, belum ada dialog dan hanya ada musik. Bioskop tersebut dikenal dengan nama Talbot, namanya diambil dari panggilan pemilik awalnya.

Belum menjadi bangunan permanen, Talbot didirikan di sebuah rumah bedeng dengan dinding dari anyaman bambu dan beratapkan seng. Setelah pemutaran film, bioskop tersebut akan dicopot dan dibawa berkeliling kota. Pada masa itu, tiket menonton film terbilang cukup mahal, yaitu dua setengah gulden yang setara dengan 10 kg beras.

Masyarakat umum belum sanggup menikmati hiburan tersebut dan rata-rata hanya anak bangsawan yang bisa pergi ke bioskop.

Adapun film yang ditampilkan di Talbot saat itu berjudul “Sri Baginda Maharatu Belanda bersama Pangeran Hertog Hendrick memasuki Ibu Kota Belanda, Den Haag". Jadi cikal bakal bioskop di Indonesia, pada tahun 1903, seorang pengusaha bernama Schwarz mendirikan Talbot dengan bangunan semi permanen di Kebon Jahe, Tanah Abang.

Sempat dilanda kebakaran hebat, Schwarz kembali membangun Talbot permanen di daerah Pasar Baru.

Pendirian Talbot ini juga yang menginspirasi hadirnya bioskop misbar alias gerimis bubar yang ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah dengan harga tiket yang lebih terjangkau.

Bioskop de Majestic

Salah satu bangunan bioskop tertua yang berada di kota Bandung, Jawa Barat. Bioskop ini sudah berdiri sejak tahun 1925. Menyediakan orkes mini juga komentator untuk mengiringi film-film bisu. Promosi film dilakukan dengan keliling kota membagi selebaran memakai kereta kuda.

Bioskop Megaria

Bioskop ini berada di persimpangan Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Pegangsaan Timur, dan Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Dulunya bernama Bioscoop Metropool ini mulai beroperasi di tahun 1951. Mengalami masa kejayaan pada tahun 1951-1969 dengan kapasitas hingga seribu tempat duduk.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: