Deretan Bioskop Tertua di Indonesia yang Legendaris dan Berjaya pada Masanya

Deretan Bioskop Tertua di Indonesia yang Legendaris dan Berjaya pada Masanya

Potret bioskop legendaris Indonesia pada masanya.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Bioskop Permata

Dalam sejarah bioskop Tanah Air, Yogyakarta juga punya bioskop tertua yang hit pada zamannya. Bioskop bernama Permata ini berada di Jalan Sultan Agung Nomor 17, Kelurahan Gunungketur, Kecamatan Pakualaman.

Awalnya, bioskop tersebut bernama Luxor, akan tetapi pada tahun 1958 pengelolanya tidak melanjutkan usahanya dan diambil alih oleh N.V Perfebi sebagai Perusahaan Peredaran Film dan Eksploitasi Bioskop Indonesia. Bioskop Permata merupakan tempat hiburan yang populer bagi masyarakat Yogyakarta.

Apalagi, pada masanya bioskop ini termasuk yang termegah dan paling ramai pada era 60- hingga 70-an. Bahkan disebut-sebut mengalahkan popularitas bioskop lain seperti Bioskop Indra, Mataram, Ratih, dan Widya di Yogyakarta.

Di bioskop tersebut, pernah diputar film-film Indonesia populer seperti “Badai Pasti Berlalu” dan “Gita Cinta di SMA”. Namun, seiring berjalannya waktu, bioskop ini semakin sepi dan tutup permanen.

Pada tahun 2018, Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan melakukan pemugaran bangunan dan eks bioskop ini akan dijadikan pusat perfilman.

Bioskop de Oranje

Tahun 1889, Bioskop de Oranje hadir di Medan, Sumatra Utara dan menjadi bioskop pertama di sana. Saat itu, bioskop ini jadi alternatif hiburan masyarakat selain kolam renang atau berwisata alam ke daerah Parapat atau Berastagi. Bioskop de Oranje juga masih menampilkan film bisu dan penontonnya dari kalangan orang-orang Eropa.

Adapun film yang ditayangkan di bioskop tersebut salah satunya adalah “Setulus Hatimu” yang dirilis tahun 1974 karya sutradara Arizal. Kehadiran bioskop ini menjadi awal dari kemunculan bioskop lain seperti Rex Bioscoop, Deli Bioscoop, Astroria Bioscopp, dan Tjong Koeng Tat Bioscopp.

Bioskop Mitra 

Nah, buat kamu yang besar di Surabaya mungkin pernah mencicipi nonton film di Bioskop Mitra. Bioskop yang terletak dekat Balai Pemuda Surabaya ini kini sudah tak lagi berfungsi sebagai bioskop. Setidaknya sejak akhir 2000-an, Bioskop Mitra Surabaya beralih fungsi jadi gedung kesenian.

Bioskop Regent 

Di Kota Kembang, masyarakat sekitar menaruh hati pada Bioskop Regent. Bioskop yang terletak di jalan Sumatera ini dikenal murah meriah untuk kalangan remaja saat itu. Apalagi bioskop ini juga memutar berbagai film dari dalam maupun luar negeri. Bioskop Regent resmi tak beroperasi sejak 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: