12 Tips Membeli Motor Bekas Terbaik dengan Aman dan Berkualitas

12 Tips Membeli Motor Bekas Terbaik dengan Aman dan Berkualitas

Panduan Lengkap Cara Memilih Motor Bekas--Foto : tangkapan layar YouTube

4. Pilih Penjual yang Terpercaya

Selektif dalam memilih penjual sangat penting. Cari penjual yang memiliki reputasi baik, baik itu showroom resmi maupun penjual pribadi yang direkomendasikan oleh teman atau kerabat. Penjual yang jujur akan memberikan informasi yang lengkap dan transparan mengenai kondisi motor.

5. Periksa Surat Kendaraan

Pastikan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB sesuai dengan plat motor dan nama pemilik. Surat yang lengkap dan sesuai menghindarkan Anda dari risiko membeli motor curian.

Melalui BPKB, Anda juga dapat mengetahui apakah motor sudah sering diperjualbelikan atau masih di tangan pemilik pertama.

BACA JUGA:

6. Cek Nomor Rangka dan Mesin

Nomor rangka dan mesin harus sesuai dengan yang tertera di surat-surat kendaraan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan motor bukan hasil curian. Nomor yang tidak cocok sebaiknya menjadi tanda untuk mencari motor lain.

7. Periksa Kondisi Fisik Motor

Cek bodi motor untuk melihat apakah ada goresan, penyok, atau retak. Tanyakan apakah semua suku cadang masih asli. Jika memungkinkan, ajak teman yang paham tentang motor untuk membantu Anda menilai kondisi fisik motor secara lebih akurat.

8. Cek Kondisi Oli

Kondisi oli dapat memberikan gambaran tentang perawatan motor. Pastikan jumlah oli tidak berlebihan dan masih dalam batas normal. Oli yang baik membantu meredam suara mesin dan menandakan perawatan yang baik oleh pemilik sebelumnya.

BACA JUGA:

9. Nyalakan Mesin

Hidupkan motor tanpa menambah gas untuk mendengar suara mesinnya. Suara mesin yang halus menandakan kondisi yang baik. Jika ada suara aneh seperti ngelitik, itu bisa menjadi tanda kerusakan pada seher atau klep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: