Kementerian ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Yuk Cek Link Daftarnya

Kementerian ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Yuk Cek Link Daftarnya

Kementerian ESDM buka kesempatan konversi motor listrik gratis--indonesia.go.id

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ada penawaran menarik dari pemerintah terkait konversi motor listrik.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan akan memberikan konversi motor listrik secara gratis kepada masyarakat.

Hal ini lantaran banyaknya minat masyarakat yang merubah motor yang tadinnya konvensional menjadi motor listrik.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Eniya Listiani Dewi mengatakan bahwa pihaknya mengundang semua pemilik kendaraan motor roda dua melalui website resmi ESDM bisa mendaftar untuk menikmati fasilitas konversi secara gratis. Hal ini sebagai upaya pemerintah mengurangi emisi karbon dari kendaraan yang wara-wiri dijalan.

BACA JUGA:

Eniya juga menyampaikan bagi masyarakat yang berminat untuk mengkonversi motor listrik bisa mengakses di ebtke.esdm.go.id/konversi

Melalui kunjungan situs tersebut, masyarakat bisa mengetahui bengkel-bengkel yang telah dilengkapi denga disertifikasi oleh Kementerian ESDM.

Eniya mengungkapkan bahwa konversi gratis ini merupakan bantuan dari program CSR, di mana sebelumnya konversi sudah diberikan dengan subsidi sebesar Rp 10 juta. 

Dengan program gratis ini membuat masyarakat tidak terbebani dengan biaya konversi yang harus dibayarkan.

Sebagai informasi, biaya yang diperlukan untuk mengkonversi motor konvesional menjadi motor listrik sebesar Rp 15 juta hingga Rp 17 juta.

Dengan program subsidi Rp 10 juta dari pemerintah, sisa biaya ditanggung oleh masyarakat. Namun dengan adanya program CSR ini, masyarakat tidak perlu merasa terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan karena sifatnya gratis.

"Sebetulnya, selisih dari bantuan Rp10 juta itu sisanya ditanggung sendiri. Kita dibantu oleh program CSR juga, sehingga bisa gratis," kata Eniya.

Oleh sebab itu, Eniya mengajak para pelaku usaha yang ingin memberikan dukungan kepada apemerintah dalam menggalakan konversi dari motor bensin ke motor listrik untuk bisa memberikan CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

"Kalau ada perusahaan yang bisa mendukung kami juga, silakan kontak ke ESDM, ke tempat saya," kata Eniya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: