Catat Bun! Gangguan Mental Anak dan Remaja Berpengaruh hingga Dewasa, Ini Penyebab yang Paling Dominan

Catat Bun! Gangguan Mental Anak dan Remaja Berpengaruh hingga Dewasa, Ini Penyebab yang Paling Dominan

Ilustrasi gangguan mental pada anak dan remaja--ist

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Para orang tua wajib mengetahui bahwa gangguan mental pada anak dan remaja bakal berpengaruh hingga dewasa.

Faktor dominan penyebab gangguan mental pada anak dan remaja yaitu depresi dan kecemasan. 

Dokter kejiwaan dr. Widea Rossi Desvita, Sp.KJ mengungkapkan depresi, kecemasan, dan gangguan perilaku merupakan salah satu penyebab utama penyakit dan kecacatan di kalangan remaja.

Berdasarkan data WHO, 1 dari 7 anak usia 10-19 tahun mengalami gangguan mental yang merupakan 13 persen dari beban penyakit global pada kelompok usia ini.

Sedangkan bunuh diri menjadi penyebab keempat pada kelompok usia 15-29 tahun.

"Konsekuensi dari kegagalan mengatasi kondisi kesehatan mental remaja akan meluas hingga masa dewasa," kata Widea ketika dihubungi pada Rabu, 22 Mei 2024.

BACA JUGA:

Hal ini berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, serta membatasi peluang untuk menjalani kehidupan yang memuaskan di masa dewasa.

Faktor Penyebab Gangguan Mental Anak dan Remaja

Dokter RSU Hermina Yogyakarta tersebut menjelaskan, terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi kesehatan mental.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan stres pada masa remaja di antaranya, paparan terhadap kesulitan, tekanan untuk menyesuaikan diri dengan teman sebaya, dan eksplorasi indentitas.

Kemudian, pengaruh media dan norma gender dapat memperburuk kesenjangan antara realitas kehidupan remaja dan persepsi atau aspirasi mereka terhadap masa depan.

Faktor penentu penting lainnya, lanjut Widea, termasuk kualitas kehidupan rumah tangga dan hubungan dengan teman sebaya.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: