Tidak Semua Orang Tahu, Berikut 5 Cara Atasi Depresi Tanpa Obat

Tidak Semua Orang Tahu, Berikut 5 Cara Atasi Depresi Tanpa Obat

Ilustrasi: orang yang sedang mengalami depresi namun tidak menyadari, ternyata ada cara mudah atasi depresi tanpa obat--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak banyak orang yang menyadari bahwa kondisinya tengah mengalami depresi. terlebih bila gejala yang ditimbulkan tidak terlalu mencolok.

Alhasil kondisi ini lebih banyak diabaikan hingga terus meningkat dan pada akhirnya mereka menyadari jika sedang dalam kondisi depresi.

BACA JUGA:Jangan Terbawa Suasana, Begini Cara Bersikap Baik pada Diri Sendiri ketika Depresi

BACA JUGA:Peneliti Ungkap Perjalanan Rumah-Kantor Lebih dari 1 Jam Rentan Alami Depresi

Yang kita ketahui, menghilangkan depresi harus dengan melalui cara dan saran serta resep dari dokter.

Dengan tujuan mental kita bisa kembali secara normal dan menjadi layak di kehidupan yang nyata.

Namun menurut penelitian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari obat dalam menyelesaikan masalah depresinya.

Berikut ini caranya:

1. Olahraga

Olahraga dapat mengatasi depresi. Olahraga mempengaruhi produksi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati, yaitu norepinefrin dan serotonin. Olahraga juga melepaskan endorfin yang menyebabkan perasaan melayang.

Menurut P Murali Doraiswamy MD, profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University School of Medicine, Durnham, AS mengatakan lakukan olahraga 3-5 kali seminggu selama 20-30 menit. Latihan aerobik seperti jalan cepat adalah yang terbaik.

2. Akupunktur

Sebenarnya tidak ada data medis bahwa akupunktur mampu mengatasi depresi. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hal itu mungkin terjadi.

Salah satu peneltiian kecil yang dilakukan Universitas Arizona terhadap 33 orang wanita depresi menemukan, 64% dari pasien depresi mengalami perbaikan gejala setelah menjalani akupunktur, dibandingkan dengan hanya 27% pada kelompok yang tidak mendapat pengobatan serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: