Tidak Semua Orang Tahu, Berikut 5 Cara Atasi Depresi Tanpa Obat

Tidak Semua Orang Tahu, Berikut 5 Cara Atasi Depresi Tanpa Obat

Ilustrasi: orang yang sedang mengalami depresi namun tidak menyadari, ternyata ada cara mudah atasi depresi tanpa obat--Freepik

3. Minyak ikan

Asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan, termasuk ikan salmon dan tuna. Kajian mengenai minyak ikan dan depresi memang belum disimpulkan, tetapi beberapa temuan menyebutkan kekurangan asam lemak pada waktu tertentu dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan depresi. Lokasi yang penduduknya mengonsumsi makanan tinggi omega-3 cenderung memiliki tingkat depresi yang rendah.

BACA JUGA:Bukan Cuma Depresi, Inilah Jenis-jenis Gangguan Mental pada Remaja dan Ciri-ciri yang Dialaminya

BACA JUGA:Depresi dan Stress, karena Beban Hidup, Dapat Sembuh di Tangan Psikolog Klinis

4. Terapi cahaya

Menyambut sinar matahari pagi dan beraktivitas di bawah matahari terbukti mampu mengangkat suasana hati. Perasaan tidak semangat dan berat akan terobati.

Terapi ini biasanya dilakukan selama sekitar 15 menit dan meningkat hingga dua jam setiap hari. Efeknya bukan untuk menyembuhkan depresi, tetapi meringankan gejalanya setelah beberapa hari.

5. Menulis Diari

Penelitian menunjukkan, berekspresi dapat mengatasi depresi. Menulis buku harian bisa jadi solusinya. Menulis juga mendorong kita untuk berpikir positif. 

Dr. Doraiswamy menyebutkan Menulis adalah alat yang bisa digunakan untuk melatih seseorang melacak hal-hal positif yang terjadi dalam hidupnya. Saat menulis, seseorang tidak membiarkan kejadian negatif menyebabkannya jatuh. Buku harian berfungsi sebagai pengingat bahwa hari-hari yang baik bisa terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: