Bukan Cuma Depresi, Inilah Jenis-jenis Gangguan Mental pada Remaja dan Ciri-ciri yang Dialaminya

Bukan Cuma Depresi, Inilah Jenis-jenis Gangguan Mental pada Remaja dan Ciri-ciri yang Dialaminya

RADARPENA.CO.ID - Gangguan mental pada remaja sangatlah umum terjadi. remaja yang mengalami Gangguan mental dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan mental mereka, dalam beberapa kasus, bahkan dapat mengancam nyawa mereka. 

Atas dasar itu, penting untuk mengenali jenis-jenis gangguan mental pada remaja serta 6 ciri-ciri yang dialaminya agar dapat memberikan bantuan pada waktu yang tepat.

Bukan cuma depresi saja, tetapi ada beberapa jenis gangguan mental yang umum terjadi pada remaja. Untuk itu, kenali jenis-jenis dan ciri-ciri yang dialaminya.

Jenis-Jenis Gangguan Mental pada Remaja

1. Depresi

Salah satu jenis gangguan mental pada remaja adalah depresi. depresi adalah kondisi psikologis kronis yang ditandai oleh kurangnya minat atau kegairahan terhadap aktivitas-aktivitas yang disukai sebelumnya. 

Remaja dengan depresi mungkin merasa sedih dan kosong sepanjang waktu, serta kehilangan semangat untuk melakukan kegiatan yang dahulu disukai.

BACA JUGA:

2. Gangguan Cemas

Gangguan cemas adalah jenis gangguan mental yang melibatkan perasaan cemas atau khawatir yang berlebihan, yang muncul dari situasi atau kekhawatiran yang mungkin tampak normal bagi orang lain. 

Pada kasus yang parah, gangguan cemas dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi normal dalam situasi sehari-hari.

3. Gangguan Mood Bipolar

Gangguan mood bipolar adalah jenis gangguan mental yang menyebabkan perubahan emosi yang sangat tinggi. 

Pada kasus yang parah, remaja dengan gangguan mood bipolar mungkin mengalami mania, yang ditandai dengan kebahagiaan yang berlebihan, ide-ide yang tak terkendali, dan perilaku impulsif.

4. Gangguan Makan

Gangguan makan terdiri dari beberapa jenis, yang meliputi bulimia atau pemakaian istilah umumnya disebut sebagai makan berlebihan dan anoreksia. 

Bulimia adalah kondisi di mana seseorang sering makan dalam jumlah yang besar dan kemudian mencoba mengendalikan berat badan melalui muntah. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: