6 Tips Pilih Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi, Dijamin Si Buah Hati Aman dan Nyaman

6 Tips Pilih Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi, Dijamin Si Buah Hati Aman dan Nyaman

Ilustrasi ajak buah hari liburan, ini tips aman memilih tempat wisata yang aman untuk bayi--Freepik

Semakin lama waktu perjalanan yang harus ditempuh, biasanya bayi cenderung rewel dan merasa tidak nyaman. Ini akan menjadi pengalaman yang menegangkan bayi.

2. Edukatif

Objek wisata yang dikunjungi saat mengajak bayi atau balita sebaiknya bukan hanya sekedar tempat yang menyenangkan, namun juga bisa memerberikan edukasi.

Destinasi wisata edukatif akan membantu memberikan pengalaman berharga sekaligus pengetahuan baru untuk buah hati. Seperti mengajak anak berlibur ke museum, kebun binatang, kebun dan taman.

BACA JUGA:

3. Tidak berbahaya

Sekarang ini ada banyak destinasi wisata keluarga yang menawarkan panorama indah, namun sayangnya kurang bersahabat untuk bayi karena medannya cukup berbahaya, seperti goa, air terjun dan pegunungan.

Hindari tempat wisata alam yang ekstrem bagi bayi atau anak. Selain kurang aman, tempat wisata semacam ini juga membuat bayi merasa tidak nyaman. 

4. Menyediakan sarana publik lengkap

Sebaiknya tempat wisata tujuan juga menyediakan sarana publik yang lengkap dan nyaman untuk digunakan bersama. Mulai dari hotel, transportasi, fasilitas kesehatan hingga trotoar.

5. Cuaca yang bersahabat bagi bayi

Pastikan orangtua memeriksa perkiraan rata-rata cuaca dari tempat wisata tujuan. Cobalah memilih destinasi yang memiliki iklim tidak terlalu ekstrem. Si kecil harus tetap dalam kondisi sejuk dan terlindungi dari sinar matahari langsung.

Suhu sekitar 20 derajat Celcius merupakan yang direkomendasikan untuk bayi. Jangan lupa pakaikan topi dan oleskan sunblock atau sunscreen bayi dengan SPF tinggi serta pakaian longgar yang menutupi tubuh bayi atau anak.

6. Bukan liburan bersama rombongan tur

Jangan pernah berencana untuk mengajak bayi mengikuti liburan bersama rombongan tur. Acara liburan bersama rombongan tur cenderung padat, sehingga saat Moms mengajak bayi hanya akan merasa diburu waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: