Fakta-Fakta Dibalik Peristiwa Banjir Bandang di Sumatera Barat, Kekuatan Dahsyat Air Hujan

Fakta-Fakta Dibalik Peristiwa Banjir Bandang di Sumatera Barat, Kekuatan Dahsyat Air Hujan

Sejumlah warga yang mengungsi lanataran rumahnya luluh lantak akibat banjir bandang--

Sebanyak 35 jenazah berhasil diidentifikasi dengan rincian di Kabupaten Agam 19 orang, Kabupaten Tanah Datar sembilan orang, Kabupaten Padang Panjang dua orang, Kabupaten Padang Pariaman tujuh orang. Dua jenazah lainnya masih dalam proses identifikasi.

4. Jumlah orang hilang

Selain itu, hingga Minggu malam 12 Mei 2024, jumlah orang yang dilaporkan hilang akibat banjir bandang di Sumbar adalah 17 orang, dengan rincian 14 orang hilang dari Kabupaten Tanah Datar dan tiga lainnya dari Kabupaten Agam.

5. Pemkab Agam tetapkan 14 hari masa tanggap darurat

Dikutip dari sumber terpercaya, Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan masa tanggap darurat banjir bandang dan banjir lahar dingin Gunung Marapi selama 14 hari. Masa tanggap darurat itu dimulai sejak tanggal 12 hingga 25 Mei mendatang.

Selama masa tanggap darurat, akan difokuskan pada upaya pencarian dan evakuasi korban, termasuk perbaikan rumah dan lahan pertanian warga terdampak. 

Saat ini, sejumlah alat berat dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pengerukan dan normalisasi aliran sungai.

BACA JUGA:Heboh! Video Viral 5 Janda Sekap 1 Laki-laki Brondong Digrebek di Agam, Sumatera Barat

BACA JUGA:4 Peringatan Penting 14 Mei, Salah Satunya Hari Romantis Online

6. Jalan Padang-Bukittinggi putus

Banjir bandang di Sumatera Barat menyebabkan kerusakan, salah satunya jalan putus. Diketahui, jalan utama yang menghubungkan Padang dan Bukittinngi lumpuh total.

"Iya banjir melanda Kawasan di sekitar Gunung Marapi sejak pukul 23.00 WIB. Itu terdampak beberapa kecamatan di Agam dan Tanah Datar. 

Saat ini hujan masih berlangsung," kata Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, Minggu 12 Mei 2024.

Polisi mengatakan jalan yang menghubungkan Padang ke Bukittinggi saat ini terputus akibat banjir bandang. Selain itu, beberapa kawasan di Lembah Anai juga mengalami longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: