Hari Palang Merah Internasional Jatuh pada 8 Mei, Inilah Sejarah hingga Tujuannya

Hari Palang Merah Internasional Jatuh pada 8 Mei, Inilah Sejarah hingga Tujuannya

8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional, dengan tema "I give with joy, and the joy I give is a reward." --Oliveboard

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mungkin tidak banyak yang tahu jika setiap tanggal 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional setiap tahunnya.

Gerakan Palang Merah Internasional adalah jaringan kemanusiaan global yang terdiri dari 80 juta orang untuk membantu mereka yang menghadapi bencana, konflik, serta masalah kesehatan dan sosial. 

Peringatan ini sudah dirayakan selama 76 tahun, sejak ditetapkan Hari Palang Merah Internasional pada tahun 1948 usai perang dunia pertama.

BACA JUGA:

Gerakan Palang Merah Internasional juga tidak lepas dari sosok Bapak Palang Merah yakni Jean Henry Dunant sebagai inisiator gerakan kemanusian tersebut.

Tujuan dari peringatan ini supaya bisa mengapresiasi, menginsipirasi, serta memperkenalkan aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Gerakan Palang Merah Internasional.

Berikut ini serba-serbi Peringatan Hari Palang Merah Internasional yang bisa kalian simak.

Tema Hari Palang Merah Internasional 2024

Hari Palang Merah Internasional bukan hanya momen untuk memperingati berdirinya organisasi ini, tetapi juga penghormatan bagi dedikasi tanpa pamrih para relawannya. 

Sejarah menyebutkan Palang Merah dalam membantu orang-orang lemah di seluruh dunia patut mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya.

Tema yang ditetapkan untuk Hari Palang Merah di tahun 2024 adalah "I give with joy, and the joy I give is a reward." 

Tema ini mendorong gagasan untuk memberi dengan perasaan senang dan menyadari bahwa sukacita yang dialami dalam tindakan memberi itu sendiri merupakan hasil yang bermanfaat.

Sejarah Palang Merah Internasional

Diektahui bahwa Gerakan Palang Merah Internasional dimulai pada tahun 1863 yang atas dasar inisiatif Jean Henry Dunant yang merupakan seorang pengusaha asal Swiss.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: