29 April Diperingati sebagai Hari Tari Sedunia, Begini Sejarah dan Tujuannya

29 April Diperingati sebagai Hari Tari Sedunia, Begini Sejarah dan Tujuannya

Ilustrasi Tari Kipas Sulawesi Selatan, orang menari dalam merayakan Hari Tari Sedunia yang diperingati setiap 29 April. --Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - International Dance Day atau Hari Tari Sedunia diperingati pada tanggal 29 April setiap tahunnya.

Peringatan Hari Tari Sedunia ini diinisiasi oleh Komite Tari Institut Teater Internasional atau International Theatre Institute (ITI).

Organisasi ITI sendiri berada dibawah naungan UNESCO yang bergerak di bidang Kebudayaan, Pendidikan dan Seni. Organisasi ini berfokus untuk meningkatkan profesi seni pertunjukan.

BACA JUGA:Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024, Ini Sejarah dan Tujuan Peringatannya

BACA JUGA:InJourney Airports Sambut Positif Penetapan Bandara Internasional oleh Pemerintah

Untuk memperingati Hari Tari Sedunia bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengadakan pentas tari, menari flashmob, atau bahkan mengunggah video tarian melalui sosial media.

Lantas bagaimana sejarah dan tujuan dari peringatan Hari Tari sedunia ini? Mari kita simak bersama.

Sejarah Hari Tari Sedunia

Mengutip dari situs International Dance Day, hari tari sedunia pertama kali dirayakan pada 29 April pada tahun 1982 oleh para ahli dari Komite Tari dari International Theatre Institute (ITI).

Tanggal 29 April sendiri merupakan hari lahirnya Jean-George Noverre, yang juga merupakan pencipta tari balet modern.

Gagasan Hari Tari Sedunia ini juga untuk merayakan dan menikmati tari sebagai bahasa universal, sebagai penyintas hambatan politik, etnis dan budaya, serta membawa masyarakat kepada satu kesatuan bahasa yakni menari.

Salah satu bentuk merayakan Hari Tari Sedunia yang diinisiasi oleh ITI adalah dengan memilih satu penari pilihan yang diseleksi dari seluruh dunia untuk menulis sebuah pesan. Dan isi pesan tersebut terdiri dari refleksi terhadap tari.

Yang kemudian pesan tersebut akan dikirimkan kepada seluruh dunia melalui penerjemahan bahasa dari masing-masing negara. Dan akan dibacakan kepada penonton sebelum pertunjukan di berbagai tempat.

Diketahui bahwa isi pesan pertama kali pada peringatan Hari Tari Sedunia dibuat bersamaan dengan peringatan pertama kalinya Hari Tari Sedunia pada 29 April di tahun 1982.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: