7 Mei Diperingati sebagai Hari Asma Sedunia, Ini Sejarah dan Tema Tahun 2024

7 Mei Diperingati sebagai Hari Asma Sedunia, Ini Sejarah dan Tema Tahun 2024

Hari Asma Sedunia (World Asthma Day) diperingatai setiap 7 Mei.--Pixabay

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tahukah kalian jika Asma juga menjadi suatu peristiwa penting yang diperingati setiap tahunnya.

Hari Asma Sedunia atau World Asthma Day (WAD) diperingati pada tanggal 7 Mei setiap tahunnya.

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Hari Asma Sedunia di tahun 2024 ini yaitu 'Asthma Education Empowers', dengan arti memberitahukan betapa pentingnya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap penyakit asma.

BACA JUGA:Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024, Ini Sejarah dan Tujuan Peringatannya

BACA JUGA:Hari Kucing Sedunia dan Fakta Menarik Dari Anabul, 'Keturunan Harimau'

Sejarah Hari Asma Sedunia

Mengutip keterangan dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Hari Asma Sedunia telah diperingati selama 10 tahun.

Peringatan Hari Asma Sedunia ini diresmikan bersamaan dengan pertemuan asma sedunia yang diadakan di Barcelona pertama kalinya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) bersama Global Iniative for Asthma (GINA) pada tanggal 7 Mei.

Sejak tahun 1993, organisasi GINA ini didirikan sebagai bentuk proyek kolaboratif antara WHO dan National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI) di Amerika Serikat.

Tujuan dari proyek tersebut untuk mengembangkan panduan praktik yang terbaik dalam memanajemen penyakit asma.

Tidak hanya itu, mereka juga membahas berbagai macam isu mengenai pengelolaan asma, seperti diagnosa gejala, pengobatan dan pencegahan.

Tujuan Peringatan Hari Asma Sedunia

Melansir dari lama Global Initiative for Asthma (GINA), para pakar Kesehatan menjelaskan perlunya memberdayakan penderita asma dengan membekali pengetahuan dan Pendidikan yang tepat. Khususnya untuk mengelola penyakit yang dideritanya, serta mengetahui Waktu yang tepat untuk mencari bantuan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: