Bukan Cuma Boros, Ini 5 Jenis Masalah pada Mobil yang Sering Kena Macet

Bukan Cuma Boros, Ini 5 Jenis Masalah pada Mobil yang Sering Kena Macet

Iklustrasi kemacetan dijalan yang dipenuhi mobil, bisa menyebabkan terjadinya masalah pada komponen mobil--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kemacetan sudah bukan menjadi hal yang asing lagi untuk mereka yang tinggal di perkotaan.

Tidak hanya membuat Waktu secara percuma dan juga pemborosan bbm, namun kemacetan juga bisa mempercepat mobil menjadi rusak.

Kerusakan mobil akibat keseringan kena macet juga bermacam-macam, mulai performa mesin yang menjadi kurang hingga masalah pada komponen lain pada kendaraan.

BACA JUGA:

Semakin banyaknya kendaraan yang lalu lalang di kota-kota besar membuat jalanan menjadi penuh, bahkan bisa menyebabkan kemacetan yang panjang.

Kekurangan transportasi umum membuat orang-orang untuk lebih mengandalkan kendaraan pribadi seperti mobil untuk dijadikan mobilitasnya sehari-hari.

Untuk mereka yang melakukan aktivitas di kota-kota besar, kemacetan sudah menjadi hal yang dilaluinya setiap hari.

Akan tetapi tidak banyak yang mengetahui jika ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada mobil apabila terlalu sering terkena macet di jalan.

1. Boros bahan bakar

Mobil boros bahan bakar juga menjadi masalah mobil yang sering kena macet. Pasalnya, mobil tetap membutuhkan bensin untuk tetap bekerja meski tidak bergerak. 

Selain itu, terlalu banyak rem dan gas atau istilahnya stop and go bisa membuat bahan bakar lebih cepat terkuras. Hal ini bisa berimbas pada pengeluaran untuk bahan bakar lebih banyak.

2. Penurunan kualitas oli mesin

Kemacetan juga memicu penurunan kualitas oli mobil, hal ini dikarenakan aktivitas rem dan gas saat mobil dituntut untuk tetap bekerja dalam dalam jarak tempuh yang singkat. 

Dengan kata lain, oli mesin terus melakukan sirkulasi layaknya mobil berjalan. Permasalahan inilah yang memicu oli cepat berkurang dan lekas jenuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: