Kenali Penyebab hingga Cara Mencegah HP Overheat

Kenali Penyebab hingga Cara Mencegah HP Overheat

Dampak Overheat pada Ponsel/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai Sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - HP Overheat adalah kondisi ketika ponsel (HP) mengalami kenaikan suhu yang berlebihan, melebihi batas normal operasi perangkat. 

Suhu ponsel yang terlalu tinggi atau HP Overheat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. 

Berikut ini penjelasan lebih mendetail mengenai penyebab, dampak dan cara mencegah HP overheat pada ponsel:

Mode Pesawat (Airplane Mode) dapat berkontribusi dalam mencegah ponsel mengalami overheat (panas berlebih) melalui beberapa cara berikut:

  • Mengurangi Aktivitas Latar Belakang:

Mode Pesawat mematikan semua koneksi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan data seluler. Tanpa koneksi ini, ponsel tidak akan terus-menerus mencari sinyal atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan internet di latar belakang, yang dapat mengurangi beban kerja prosesor dan mengurangi panas yang dihasilkan.

  • Menurunkan Penggunaan CPU:

Ketika ponsel tidak perlu mengelola koneksi jaringan atau mengirim dan menerima data, prosesor bekerja lebih ringan. Hal ini secara langsung mengurangi produksi panas oleh CPU.

  • Mengurangi Penggunaan Baterai:

Aktivitas jaringan seperti browsing, streaming, atau bermain game online memerlukan daya yang cukup besar. 

Dengan mengaktifkan Mode Pesawat, penggunaan baterai menurun dan menghasilkan panas lebih sedikit karena daya yang dihasilkan oleh baterai berkurang.

  • Mencegah Aplikasi Menjalankan Sinkronisasi Otomatis:

Banyak aplikasi yang secara otomatis menyinkronkan data dengan server mereka secara berkala. Aktivitas sinkronisasi ini bisa membuat ponsel lebih cepat panas. 

Mode Pesawat menghentikan sinkronisasi ini, yang membantu menjaga suhu ponsel tetap rendah.

  • Mematikan Fitur GPS:

Meskipun tidak semua ponsel mematikan GPS saat Mode Pesawat diaktifkan, beberapa perangkat akan mematikan GPS bersama dengan koneksi nirkabel lainnya. 

GPS yang terus-menerus aktif dapat menjadi sumber panas yang signifikan, terutama saat digunakan untuk navigasi atau aplikasi berbasis lokasi.

Selain mengaktifkan Mode Pesawat, ada beberapa langkah tambahan yang bisa diambil untuk mencegah ponsel overheat:

  • Hindari Penggunaan Berlebihan:

Gunakan ponsel seperlunya dan hindari aktivitas berat seperti bermain game dengan grafis tinggi atau streaming video dalam waktu yang lama.

  • Jauhkan dari Sumber Panas:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: