6 Ciri-ciri Wiper Berfungsi dengan Baik, Lakukan Pengecekan dan Perawatan Secara Rutin

6 Ciri-ciri Wiper Berfungsi dengan Baik, Lakukan Pengecekan dan Perawatan Secara Rutin

cara merawat wiper yang benar--

 

4. Muncul Bunyi Tak Normal

Pada umumnya, saat wiper bekerja membersihkan kaca mobil akan ada suara khas motor bekerja atau suara dari karet yang menyeka kaca. Namun jika ada suara tak normal seperti suara gesekan, bisa jadi karet sudah tidak melakukan kontak secara optimal.

 

Cara merawat wiper yang rusak:

 

1. Hindari Penggunaan Wiper pada Kaca Kering

Salah satu kesalahan umum dalam penggunaan wiper adalah menggunakannya pada kaca yang kering. Menggunakan wiper pada kaca yang kering dapat menyebabkan goresan pada kaca depan dan mempercepat keausan karet wiper. Pastikan untuk selalu menyemprotkan cairan pembersih kaca atau air ke kaca depan sebelum menggunakan wiper untuk membersihkan kaca dengan aman. 

 

2. Ganti Wiper secara Berkala

Seiring waktu, blade dan karet wiper akan mengalami keausan akibat paparan cuaca dan gesekan berulang dengan kaca depan. Direkomendasikan untuk mengganti wiper setidaknya setiap enam hingga 12 bulan sekali, tergantung pada frekuensi penggunaan dan kondisi cuaca setempat. Penggantian wiper secara berkala akan memastikan bahwa wiper mobil kamu tetap dalam kondisi optimal dan mampu memberikan performa pembersihan yang baik.

BACA JUGA:Cara Cek Tilang Elektronik Secara Mandiri, Kira-Kira Kena Pelanggaran gak ya?

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Fakta Dunia Otomotif yang Membuat Orang Keheranan

 

3. Berhati-hati Saat Mencuci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: