Pilihan Menu Sarapan yang Tepat Bagi Penderita Diabetes, Jaga Gula Darah Tetap Stabil

Pilihan Menu Sarapan yang Tepat Bagi Penderita Diabetes, Jaga Gula Darah Tetap Stabil

Ilustrasi orang memilih menu sarapan yang sehat untuk orang yang mengalami diabetes supaya bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sarapan adalah waktu yang penting bagi penderita diabetes untuk memulai hari dengan energi yang stabil dan kadar gula darah terkendali. 

Untuk mencegah lonjakan kadar gula darah, penderita diabetes diimbau untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan membatasi asupan gula saat sarapan.

Sarapan sehat dan seimbang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang drastis setelah melewatkan waktu tidur malam. 

Oleh karena itu, membangun kebiasaan sarapan yang sehat merupakan langkah proaktif yang mendukung manajemen diabetes dan meningkatkan kesejahteraan pasien secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Selain Nasi, Ini 5 Alternatif Menu Pengganti untuk Sarapan Dijamin Kenyang dan Sehat

BACA JUGA:Simple! 5 Menu Sarapan Pagi Sehat dan Nikmat untuk Keluarga, Nomor 3 Paling Banyak Penggemar!

Memilih makanan yang tepat dan memperhatikan indeks glikemik dapat memberikan dasar yang kuat untuk menjaga kesehatan metabolik. 

Dengan cara ini, penderita diabetes tidak perlu kahwatir akan terjadikan fluktuasi gula darah.

Ada sederet menu yang perlu dipertimbangkan untuk disertakan dalam sarapan. Sementara itu, pengidap diabetes mungkin juga perlu menghindari sederet menu lainnya.

Melansir dari Everyday Health, berikut ini pilihan menu sarapan sehat yang harus diperhatikan untuk orang yang mengalami diabetes:

1. Pilih karbohidrat sehat

Tidak semua karbohidrat sama dalam hal kualitas.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang cepat, namun bagi penderita diabetes, karbohidrat yang salah dapat membuat gula darah melonjak.

Jika Anda menderita diabetes, hindari karbohidrat olahan seperti sereal manis, roti putih, bagel, dan kue kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: