5 Destinasi Wisata Favorit di Ibu Kota Negara (IKN), Keindahan Alam dari Kalimantan Timur

5 Destinasi Wisata Favorit di Ibu Kota Negara (IKN), Keindahan Alam dari Kalimantan Timur

Ilustrasi destinasi wisata yang wajib di kunjungi di Kalimantan Timur, dengan pesona alam yang memanjakan--Pinterest

Pulau Kakaban berjarak sekitar 25 menit dari Pulau Maratua yang dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat. Pulau Kakaban memiliki destinasi andalan berupa Danau Kakaban. 

Di danau ini, hidup sekumpulan stingless jelly fish atau ubur-ubur yang tidak menyengat, yang konon hanya ada di dua tempat di dunia, yaitu di Danau Kakaban dan di Filipina.

Untuk menuju ke Danau Kakaban, wisatawan harus berani menjalani tantangan trekking sejauh 500 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Dan ada aturan khusus yang berlaku bagi wisatawan yang ingin berenang atau snorkeling di Danau Kakaban ini. Yang pertama adalah mereka dilarang memakai sunblock karena dikhawatirkan akan merusak habitat ubur-ubur. 

Kedua, tidak diperbolehkan menggunakan alat bantu renang kaki katak supaya tidak melukai habitat ubur-ubur.

Ketiga, tidak boleh memegang atau mengangkat ubur-ubur ke atas air karena dikhawatirkan ubur-ubur akan kehilangan keseimbangan.

Dan terakhir, saat turun ke danau harus menggunakan anak tangga yang tersedia dan juga dilarang untuk melompat.

BACA JUGA:KPK OTT di Kalimantan Timur, Sita Uang Sebagai Bukti

3. Pulau Sangalaki

Pulau nan eksotis ini menjadi salah satu tempat konservasi penyu di Indonesia. Menurut salah satu petugas di Pulau Sangalaki, setiap tahunnya terdapat sekitar 3.700 penyu yang bertelur di Pulau Sangalaki. 

Di wilayah ini, tukik yang normal akan dibiarkan kembali ke habitatnya di laut secara alami, sedangkan tukik yang berisiko tak bertahan hidup di alam, akan ditempatkan ke dalam sebuah kolam untuk dilepaskan ke laut pada malam hari.

Mereka tidak dilepaskan saat siang hari karena dikhawatirkan akan dimangsa oleh predator.

Pulau ini juga menawarkan keindahan biota laut. Tak heran, banyak penyelam dari berbagai belahan dunia mendatangi Pulau Sangalaki. Terdapat beberapa spot diving yang memiliki karakteristik yang berbeda, diantaranya Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, dan Manta Avenue. 

Hanya para penyelam yang berlisensi yang bisa menjelajahi semua taman bawah laut di pulau ini. Namun, penyelam pemula tidak perlu khawatir karena mereka bisa menikmati dengan mengambil paket fun diving.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: