5 Destinasi Wisata Favorit di Ibu Kota Negara (IKN), Keindahan Alam dari Kalimantan Timur

5 Destinasi Wisata Favorit di Ibu Kota Negara (IKN), Keindahan Alam dari Kalimantan Timur

Ilustrasi destinasi wisata yang wajib di kunjungi di Kalimantan Timur, dengan pesona alam yang memanjakan--Pinterest

4. Pulau Derawan

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Derawan, wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir putih yang luas di sepanjang bibir pantai.

Pulau ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia. Di wilayah ini, terdapat sekitar 872 spesies ikan dan 507 jenis terumbu karang. 

Kepulauan Derawan juga menjadi rumah bagi beberapa spesies yang dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda, dan beberapa spesies lainnya.

Tak hanya penikmat wisata bawah laut, Pulau Derawan juga bisa menjadi pilihan destinasi liburan bagi keluarga.

Untuk anak-anak, bermain air di pantai, membuat istana pasir, atau mencari kerang dan bebatuan di pinggir pantai, akan menjadi aktivitas menyenangkan yang tak terlupakan.

5. Goa Halo Tabung

Goa Halo Tabung terletak di Pulau Maratua. Goa ini memiliki keunikan tersendiri karena di dalamnya terdapat danau air yang memiliki kedalaman air lebih dari 35 meter.

Air di danau Goa Halo Tabung ini berwarna biru dan sangat jernih. Menurut masyarakat lokal, sampai saat ini belum ada yang menyelami goa ini hingga ke dasar karena di dalam danau terdapat celah yang sempit dan belum diketahui ujungnya. Dalam bahasa lokal, ‘halo’ berarti ceruk (lagoon).

Di destinasi ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas wisata yang cukup menguji adrenalin, yaitu free diving dan terjun dari atas danau.

Beredar mitos di kalangan masyarakat sekitar bahwa siapapun yang mencuci wajahnya menggunakan air di Goa Halo Tabung, maka orang tersebut akan menjadi awet muda.

Demikian beberapa tempat wisata menarik di Kalimantan Timur yang bisa kalian kunjungi. Sudah pernah mencoba wisata yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: