Perhatikan! Begini Cara Masak Santan yang Benar, Gak Bikin Makanan Lebaran Cepat Basi

Perhatikan! Begini Cara Masak Santan yang Benar, Gak Bikin Makanan Lebaran Cepat Basi

Cara memasak santan yang benar, supaya masakan lebaran tidak cepat basi, begini caranya:--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Santan adalah salah satu bahan utama yang banyak digunakan pada hidangan makanan lebaran.

Seperti opor ayam, lontong sayur, gulai, rendang, dan ketupat sayur, menggunakan santan pada olahan menunya. Tentunya dengan adanya santan bisa membuat makanan menjadi lebih creami dan gurih.

Namun ternyata, memasak hidangan dengan bahan baku santan tidak boleh sembarangan loh, sebab akibatnya masakan yang sudah kita olah bisa menjadi cepat basi dan akhirnya tidak bisa dihidangkan untuk keluarga dan tamu undangan.

BACA JUGA:Resep Rendang Daging Sapi yang Menggugah Selera, Makanan Khas yang Paling Ditunggu Saat Lebaran!

BACA JUGA:7 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan Kembali, Bisa Jadi Beracun Bahaya untuk Tubuh

Memasak dengan bahan baku santan ternyata memiliki cara tersendiri, dan harus diolah dengan cara yang tepat untuk bisa menghasilkan makanan yang lezat dan menggiurkan.

Santan sendiri bisa menambah cita rasa pada makanan dan membuat makanan menjadi lebih terlihat kental hingga membuat orang yang melihatnya tak sabar untuk menyantap.

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan dalam mengolah makanan berbahan santan, perlu diperhatikan dan mengikuti cara yang tepat agar makanan tersebut tidak cepat basi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara memasak yang benar dengan bahan santan untuk menu lebaran yang nikmat:

1. Jangan memasak dengan api besar

Mungkin karena ingin cepat matang dan siap disajikan, suka memasak dengan api yang besar. Ternyata ini cara yang salah loh. Sebab dengan memasak santan dengan api besar bisa membuat santan menjadi pecah dan tdak tercampur serta meresap pada bahan masakan lainnya. Apabila ingin memasak santan, gunakan dengan api kecil dan diaduk secara perlahan. Biarkan santan tercampur meresap dengan sempurna pada bahan-bahan yang sedang dimasak. Dan jika ingin disajikan dalam bentuk kuah, masukan santan pada tahapan terakhir setelah semua bahan baku sudah hampir matang. Hal ini supaya santan tidak mudah pecah, biarlah tercampur hingga mendidih.

2. Masak Santan dengan Diaduk Perlahan

Mungkin karena ingin menyiapkan menu yang lain, sehingga pada saat memasak dengan bahan santan tidak sambil diaduk. Akibatnya santan akan pecah dan tidak meresap pada bahan makanan yang dicampurkan. Cara mengaduknya juga tidak boleh sembarangan, supaya santan bisa tetap kental dan tidak gosong atau lengket pada panci. Teknik mengaduk santan yang benar adalah dengan cara aduk dari tengah ke arah luar hal ini disebabkan karena bagian tengah panci lebih panas dibandingkan bagian tepinya. Dan juga alat untuk mengaduknya gunakan dengan silikon atau spatula kayu.

3. Jangan Masak Santan Terlalu Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: