Perhatikan! Begini Cara Masak Santan yang Benar, Gak Bikin Makanan Lebaran Cepat Basi

Perhatikan! Begini Cara Masak Santan yang Benar, Gak Bikin Makanan Lebaran Cepat Basi

Cara memasak santan yang benar, supaya masakan lebaran tidak cepat basi, begini caranya:--Freepik

Perlu diketahui bahwa memasak santan dengan waktu yang lama bisa menimbulkan santan menjadi gosong dan berminyak. Untuk menghindari hal ini, salah satu caranya dengan memasukan santan pada akhir saat bahan bakan makanan yang ingin dicampurkan sudah terlihat hampir matang. Meskipun tidak ada waktu pasti dalam berapa lama memasak santan, tetapi jika santan sudah mengeluarkan aroma yang yang wangi dan gurih itulah waktu yang tepat untuk mematikan kompor.

BACA JUGA:7 Makanan Alternatif Pengganti Nasi Cocok untuk Program Diet, Sehat Nggak Bikin Buncit

BACA JUGA:5 Daftar Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Untuk Penderita Diabetes

4. Hindari Campuran Bahan Makanan Bersifat Asam

Cuka, jeruk nipis, dan tomat adalah bahan-bahan yang memiliki rasa asam tinggi. Dan apabila dicampurkan dalam proses pemasakan bisa menghancurkan rasa dari santan tersebut. Tetapi apabila ingin menambahkan bahan tersebut sebagi penikmat, bisa ditambahkan pada bagian akhir atau dipisahkan dengan menu saat ingin disantap.

5. Jangan Dipanaskan Terus-menerus

Saat Lebaran, tak jarang kita mungkin akan memanaskan kembali makanan bersantan jika masih bersisa. Namun ternyata memanaskan makanan bersantan berulang kali bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan

Perlu diketahui santan yang dipanaskan berulang bisa membuat asam lemaknya berubah jadi lemak jenuh. Dengan lemak jenuh tersebut tentu akan sangat berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

Terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah yang bisa menyumbat aliran darah ke jantung serta otak. Di samping itu, dampak buruk lainnya dari kelebihan lemak jahat ini meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, serta stroke.

 

Nah demikian cara menghindari makanan lebaran berbahan santan agar cepat basi. Semoga bermanfaat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: