7 Makanan Alternatif Pengganti Nasi Cocok untuk Program Diet, Sehat Nggak Bikin Buncit

7 Makanan Alternatif Pengganti Nasi Cocok untuk Program Diet, Sehat Nggak Bikin Buncit

Ilustrasi menu diet-Foto: Unsplash.com/Unsplash+-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Banyak orang yang mengurangi bahkan menghindari konsumsi karbohidrat karena takut gemuk. Padahal, karbohidrat merupakan sumber energi yang tak boleh dilewatkan.

Jenis makanan karbohidrat tidak terbatas hanya pada nasi saja. Saat sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, lebih tepat untuk memilih sumber karbohidrat yang mengandung serat tinggi. 

Jadi, walaupun ingin menghindari nasi, kamu tetap memerlukan sumber karbohidrat lainnya. Makanan pengganti nasi untuk diet juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Mengonsumsi karbohidrat dengan serat tinggi atau juga biasa disebut dengan karbohidrat kompleks dapat bertahan dalam tubuh lebih lama karena mereka lebih sulit untuk dicerna tubuh.

BACA JUGA:

Sebenarnya, ada makanan diet pengganti nasi yang sama-sama mengenyangkan, misalnya kentang, ubi, quinoa, dan oatmeal. Informasi selengkapnya mengenai rekomendasi makanan diet pengganti nasi bisa kamu simak ulasannya dibawah ini.

Beras Merah

Makanan pengganti nasi untuk diet selanjutnya adalah beras merah. Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Beras merah mengandung serat lebih tinggi, merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tidak hanya itu, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan. Kandungan gula yang lebih rendah dalam nasi merah juga dapat mengendalikan gula darah.

 

Oatmeal

Oatmeal juga merupakan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa kamu pilih. Serat dalam oatmeal dapat membantu kamu agar kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah. Namun, biasanya kamu memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan karena terkadang makanan yang ditambahkan ke dalam oatmeal justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

 

Kentang

Makanan alternatif selain nasi yang ketiga yaitu kentang. Setelah jagung, kentang bisa menjadi makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti dari nasi. Kentang sendiri dikenal sebagai salah satu umbi yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Hal ini dapat menjadikan kentang sangat cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan. Cara mengonsumsi kentang pun cukup mudah, Kamu tinggal merebus atau mengukus kentang untuk disajikan bersama beragam lauk yang lain. Kamu juga dapat membuat kentang menjadi mashed potato atau sering disebut dengan kentang tumbuk. Kentang tumbuh biasanya dipilih agar memiliki rasa yang lebih gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: