Jangan Panik! Begini Cara Hadapi Lingkungan Kerja Toxic, Jaga Kesehatan Mentalmu

Jangan Panik! Begini Cara Hadapi Lingkungan Kerja Toxic, Jaga Kesehatan Mentalmu

Waspada terhadap lingkungan kerja yang toxic, bisa mengganggu kesehatan mental. Begini cara hadapinya--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jika kalian merasa sedang dalam lingkungan kerja yang toxic, pas banget untuk menyimak artikel ini. Sebab akan kita berikan tips cara menghadapi situasi tersebut.

Lingkungan kerja sangat mempengaruhi kinerja dan semangat karyawan di sebuah perusahaan.

Bilamana karyawan merasa tidak nyaman akan situasi bekerja, tentunya ini bisa mengganggu produktivitas kinerjanya terhadap perusahaan.

BACA JUGA:Kenali apa itu FOMO dan Kaitannya dengan Toxic Productivity

BACA JUGA:Trik Nikmati Libur Lebaran Bebas Stres dari Pekerjaan, Lakukan 6 Cara Ini!

Lingkungan kerja yang tidak sehat atau toxic bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gaya kepemimpinan atasan, teman kerja yang reseh atau usil yang meyebalkan, tuntutan pekerjaan yang begitu besar dan membebani karyawan, serta banyak hal lainnya.

Penyebab-penyebab tersebut yang membuat kerja karyawan menjadi dipenuhi dengan tuntutan, yang membuat sulit membedakan manusia yang dikaryakan dengan manusia yang hanya ingin bikin bos senang.

Tindakan keduanya bisa menyebabkan karyawan merasa kewalahan dan kelelahan, yang pada akhirnya bisa mengganggu kesehatan mental.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengahadapinya, kenai dulu tanda-tanda kalian berada di lingkungan kerja toxic:

- Manajemen buruk

Ketika kalian berada dalam lingkungan pekerjaan dengan budaya organisasi serta menajemen yang buruk, mukgin ada sedang berada dalam situasi kerja toxic. Hal ini bisa mempengaruhi rasa hormat karyawan kepada atasan dan juga rekan di kantor. Bahkan komunikasi antara atasan dan bawahan serta sesama rekan kerja akan buruk.

- Manipulasi keadaan

Salah satu hal yang biasa dilakukan dalam lingkungan kerja yang toxic adalah kebiasaan manipulasi. Dengan memberikan kritik yang berlebihan bisa menimbulkan kurangnya rasa empati

BACA JUGA:Tidak Hanya Kopi, 8 Minuman Ini Bisa Atasi Kantuk saat Bekerja, Balikin Mood Jadi Semangat Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: