Menilik Tradisi Jelang Lebaran di Indonesia yang Dilakukan Hampir Setiap Tahun

Menilik Tradisi Jelang Lebaran di Indonesia yang Dilakukan Hampir Setiap Tahun

Tradisi dan Persiapan Lebaran di Indonesia.-Foto: Unsplash.com/MufidMajnun-

THR dan Ziarah Kubur

Tunjangan Hari Raya atau yang biasa kita sebut dengan THR adalah hak pendapatan pekerja yang diberikan perusahaan kepada pekerjanya menjelang Hari Raya. Tradisi bagi – bagi THR juga berlaku dalam masyarakat secara umum, khususnya pada anak-anak. Biasanya orang yang lebih dewasa dan sudah bekerja memberikan “salam tempel” berupa uang kertas baru kepada anak-anak. Aktivitas ini membuat penukaran uang meningkat saat Lebaran. Tradisi selanjutnya yaitu ziarah kubur atau ‘nyekar’ ke makam keluarga dan leluhur yang telah tiada. Tradisi ‘nyekar’ ini biasanya dilakukan sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri atau setelah shalat Idul Fitri. Tak jarang pula kita lihat banyak orang-orang yang berziarah ke makam dengan membawa bunga-bunga atau kemenyan.

 

Saling Bersilaturahmi

Ada tradisi Idul Fitri di Indonesia yang wajib dilaksanakan, yaitu silaturahmi halal bi halal bersama para tetangga, saudara, hingga kerabat jauh. Silaturahmi halal bi halal ini biasa dilakukan secara langsung dengan saling mengunjungi rumah satu sama lain sambil bersalam-salaman meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Tradisi silaturahmi halal bi halal ini sempat terhenti sementara selama masa Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus terjadi. Sebagai gantinya, silaturahmi di masa Covid dilakukan dengan saling bertukar pesan/video lewat online.

BACA JUGA:

Takbiran

Tradisi lebaran di Indonesia yang paling penting bagi umat muslim mungkin adalah takbiran yang dilakukan pada malam hari sebelum lebaran. Takbiran dilakukan setelah menunaikan salat isya oleh para jamaah di masjid, akan tetapi bisa juga dengan berkeliling diiringi pawai obor atau kendaraan. Umat muslim yang ikut takbiran mengucapkan “Allahu Akbar” secara berulang-ulang dan bersama-sama meski dari berbagai usia dan latar belakang berbeda. Tradisi takbiran ini bisa dibilang sebagai momen yang memperkuat silaturahmi sekaligus sebagai rasa syukur  kepada Allah SWT.

 

Baju Baru

Tradisi lebaran di Indonesia selanjutnya yang masih dijaga oleh masyarakat adalah mengenakan baju baru saat perayaan hari Lebaran. Baju baru konon menunjukkan semangat dalam merayakan Idulfitri sebagai momen spesial yang berbeda dari hari-hari biasanya. Selain itu, baju baru dianggap sebagai tanda kesucian dan kesegaran yang menyertai kita ketika merayakan Hari Raya Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: