Menilik Tradisi Jelang Lebaran di Indonesia yang Dilakukan Hampir Setiap Tahun

Menilik Tradisi Jelang Lebaran di Indonesia yang Dilakukan Hampir Setiap Tahun

Tradisi dan Persiapan Lebaran di Indonesia.-Foto: Unsplash.com/MufidMajnun-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak terasa bulan Ramadan akan segera berakhir, hal tersebut menandakan bahwa sebentar lagi umat muslim di dunia akan menyambut dan merayakan Hari Raya Lebaran termasuk di Indonesia. 

Selama berabad-abad, tradisi lebaran telah berkembang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Muslim di berbagai belahan dunia, khususnya Indonesia.

Maklum saja, Indonesia sendiri merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Ada banyak tradisi seru yang bahkan sudah ada sejak puluhan tahun lalu. 

Inilah beberapa tradisi dan persiapan Lebaran Idul Fitri yang super meriah dan hanya berlangsung di Indonesia. Simak ulasannya dibawah ini!

BACA JUGA:

Membersihkan Rumah

Menjelang Lebaran, salah satu kegiatan rutin yang dilakukan adalah membersihkan rumah agar rumah tetap bersih dan nyaman untuk bercengkerama serta bersilahturahmi. Kita bisa mengatur jadwal dalam membersihkan rumah serta mengajak anggota keluarga untuk saling gotong royong agar kegiatan rutin ini dapat berjalan dengan cepat dan efektif.

 

Mudik

Mudik merupakan salah satu tradisi lebaran di Indonesia yang sudah menjadi ikon. Biasanya saat lebaran tiba, orang-orang yang merantau atau bekerja di kota-kota besar akan kembali ke kampung halaman mereka untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara agar dapat merayakan hari raya Idul Fitri bersama-sama. Selain sebagai momen untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar, mudik saat lebaran juga dianggap sebagai bentuk balas budi kepada orang tua dan keluarga yang sudah merawat dan membimbing kita hingga dewasa. Selain itu juga, mudik menjadi momen untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar, mudik juga menjadi kesempatan untuk kembali ke akar dan identitas budaya masing-masing.

 

Makan ketupat dan kue Lebaran

Tradisi Lebaran Idul Fitri di Indonesia turut serta dimeriahkan dengan menghidangkan aneka jenis makanan khas Idul Fitri, mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng kentang, hingga opor ayam. Selain makanan berat, adapun makanan ringan seperti kue kering nastar, kue putri salju, kue kastengel, kue kacang, hingga biskuit kaleng yang tersedia di meja ruang tamu. Lebaran Idul Fitri jadi kurang meriah jika makanan-makanan ini tak tersedia di rumahmu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: