5 Macam Herbal Dalam Al-Quran dan Al-Hadist, Memiliki Khasiat Obat Luar Biasa

5 Macam Herbal Dalam Al-Quran dan Al-Hadist, Memiliki Khasiat Obat Luar Biasa

Madu merupakan salah satu Herbal yang dijelaskan dalam al-quran tentang manfaatnya untuk kesehatan dan obat Foto : Radar Utara - Disway --

Dari dua ayat surat Al-Nahl tersebut jelas bagi kita Madu memiliki berbagai khasiat termasuk sebagai obat.

Di dalam madu mengandung nutri-nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Nutrisi itu seperti antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Madu dapat digunakan untuk  mengobati berbagai macam keluhan dan penyakit dari yang ringan sampai berat, seperti batuk, radang tenggorokan, luka dan infkesi filek dan lain sebagainya. 

Madu juga berkhasiat untuk  meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan batuk dan pilek, menjaga kesehatan pencernaan, membantu mengobati luka bakar dan lain, mencegah gejala asma, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker dan lain-lain. 

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun disebutkan dalam Al-quran pada Surat An-Nur ayat 35

اَللّٰهُ نُوْرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ مَثَلُ نُوْرِهٖ كَمِشْكٰوةٍ فِيْهَا مِصْبَاحٌۗ اَلْمِصْبَاحُ فِيْ زُجَاجَةٍۗ اَلزُّجَاجَةُ كَاَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُّوْقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُّبٰرَكَةٍ زَيْتُوْنَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَّلَا غَرْبِيَّةٍۙ يَّكَادُ زَيْتُهَا يُضِيْۤءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌۗ نُوْرٌ عَلٰى نُوْرٍۗ يَهْدِى اللّٰهُ لِنُوْرِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَيَضْرِبُ اللّٰهُ الْاَمْثَالَ لِلنَّاسِۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ۙ

Artinya : Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi perumpaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar.

Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak Timur dan tidak pula di Barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.

Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis). Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki dan Allah membuat perumpamaan-perumpaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu 

Minyak zaitun memiliki berbagi manfaat bagi kesehatan , seperti antioksidan, antiinflamasi, antibakteri. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti penyakit jantung stroke, kanker dan penyakit kulit.

3. Kurma

Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam Al-quran, buah ini kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, kurma bermanfaat bagi kesehatan termasuk ini hamil dan menyusui.

Buah ini saat bulan Ramadan seperti ini, biasanya terjadi peningkatan penjualan karena untuk  dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma berkhasiat untuk  mengobati berbagai macam penyakit seperti anemia, sembelit dan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:8 Menu Buka Puasa Nikmat dan Menyehatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: