Simak! Keunggulan dari Fitur Cruise Control pada Mobil, Salah Satunya Bikin Hemat Bahan Bakar

Simak! Keunggulan dari Fitur Cruise Control pada Mobil, Salah Satunya Bikin Hemat Bahan Bakar

Fitur cruise control pada kendaraan mobil bisa menguntungkan para pengemudi dalam berkendara, seperti mengatur kecepatan dan membuat bahan bakar menjadi irit--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Banyak pengemudi yang masih tidak tahu cara menggunakan fitur cruise control yang telah disematkan hampir diseluruh mobil baru saat ini.

Hampir tersedia di banyak mobil, fitur cruise control kini sudah tidak asing lagi. Manfaat dari fitur ini adalah pengemudi bisa mengatur akselerasi pada kecepatan tertentu sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk mengatur kecepatan lewat pedal gas. Secara tidak langsung, fitur cruise control seperti mengemudi dengan auto-pilot tanpa harus repot pada kaki.

Fitur ini dulu hanya terdapat pada kendaraan-kendaraan premium, namun seiring berjalannya waktu hampir setiap mobil sudah menyedikan fitur istimewa ini

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! 8 Kebiasan Ini Justru Bisa Membuat Mobil Kesayangan Jadi Rusak, Apa Saja?

BACA JUGA:Bikin Mobil Jadi Awet, 6 Hal ini Sangat Dilarang saat Mengendarai Mobil Manual

Setiap fitur cruise control pada kendaraan memiliki model yang berbeda, akan tetapi cara kerjanya tetap sama. Untuk mengaktifkannya, berikut ini caranya:

1. Tingkatkan kecepatan Anda: Cruise control dirancang untuk mengemudi dengan kecepatan tetap minimal 30 mph tanpa berhenti terus-menerus, sehingga ideal untuk jalan raya atau jalur ganda.

2. Aktifkan kontrol jelajah: Setelah Anda mencapai kecepatan yang diinginkan (pastikan berada dalam batas kecepatan), hidupkan sistem kontrol jelajah. Di sebagian besar kendaraan, tombol yang mengontrolnya muncul di atau di belakang kemudi, dan lampu akan muncul di dasbor Anda setelah dihidupkan.

Penting: Sebelum menggunakan cruise control untuk pertama kalinya, periksa buku panduan Anda dan temukan lokasi tombol-tombolnya sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya saat di jalan – yang jelas berbahaya.

3. Atur kontrol jelajah: Setelah Anda mengaktifkan sistem, tekan tombol set. Ini akan berkomunikasi dengan mobil Anda untuk menahan kecepatan saat ini. Pada sebagian besar kendaraan, ini akan mengubah indikator dasbor menjadi hijau. Setelah kontrol jelajah disetel, Anda dapat melepaskan kaki dari pedal gas dan mobil akan mempertahankan kecepatannya.

4. Untuk mempercepat: Kebanyakan mobil memiliki tombol panah 'atas' atau plus (+) untuk memungkinkan Anda meningkatkan kecepatan mobil. Menekan pedal akselerator biasanya akan mengesampingkan sistem.

5. Untuk mengurangi kecepatan: Ketuk panah bawah atau tombol min (-) pada sistem kendali jelajah, atau injak rem. Demi alasan keamanan, cruise control akan dinonaktifkan segera setelah rem diterapkan.

Fungsi lainnya: Tombol 'batal' menjeda kontrol jelajah, memberi Anda kendali penuh lagi tanpa sistem dimatikan sepenuhnya. Itu harus mempertahankan kecepatan yang Anda pilih untuk berlayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: