Jangan Disepelekan! 8 Kebiasan Ini Justru Bisa Membuat Mobil Kesayangan Jadi Rusak, Apa Saja?

Jangan Disepelekan! 8 Kebiasan Ini Justru Bisa Membuat Mobil Kesayangan Jadi Rusak, Apa Saja?

Sering banget disepelekan, namun beberapa kebiasaan yang tidak disangka ini bisa membuat kendaraan Anda lebih cepat rusak. Apa saja ya?--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sering banget disepelekan, namun beberapa kebiasaan yang tidak disangka ini bisa membuat kendaraan Anda lebih cepat rusak. Apa saja ya?

Mungkin kebanyakan dari pengemudi yang sering melakukan hal ini. Terlihat sepele dan dianggap seperti hal biasa. Tetapi siapa sangka, kebiasaan buruk yang mungkin sepele ini bisa berpengaruh pada kendaraan Anda loh.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Mobil Bekas Lebih Diminati Menjelang Lebaran

Meskipun kita sudah mengetahui cara merawat kendaraan yang baik dan benar, ternyata masih banyak pengguna yang belum memahaminya dengan baik.

Bukan hanya dari segi performa mesin dan penampilan yang harus dirawat dengan baik, tetapi kebiasaan kita dalam mengemudi bisa menjadi salah satu cara dalam menjaga kendaraan yang perlu Anda ketahui.

Jangan-jangan beberapa kebiasaan buruk ini sering Anda lakukan yang tanpa sadar bisa merusak kendaraan. Apakah kalian sering melakukan hal ini?

1. Engine Break (Pengereman Mesin)

Pengereman mesin merupakan perpindahan gigi dari tinggi ke rendah untuk bisa mengurangi keceptan. Perlu disadari jika sering melakukan hal ini bisa merusak drivetrain mobil Anda.

Berbeda hal jika hal ini perlu dilakukan dalam kondisi genting yang mebutuhkan pengereman tambahan, namun perlu diingat untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan cara engine break ini supaya tidak berakibat fatal pada kendaraan Anda.

2. Menaruh tangan pada persneling

Salah satu hal sederhana yang sering dilakukan oleh pengemudi, terlebih untuk kalangan yang baru bisa mengenderai mobil. Perlu diketahui bahwa memegang atau menaruh di persneling mobil ternyata bisa berdampak buruk pada kendaraan yang akhirnya bisa merusak transmisi loh.

Hal ini dikarenakan, dalam setiap persneling mobil dihubungkan dengan 'garpu' pemilih, yang dirancang untuk perpindahan transmisi sesuai dengan arahan pengemudi dalam waktu yang singkat.

Dan jika persneling terlalu menahan beban yang berat akibat penambahan tangan pengemudi, hal ini bosa membuat persneling menjadi cepat haus atau perlu perawatan lebih dini.

Sebenarnya, dalam buku petunjuk setiap kendaraan sudah dijelaskan untuk tidak menaruh tangan pada tuas atau tongkat persneling mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: