Ilmu Parenting ala Rasulullah SAW yang Patut Dicontoh Orang Tua

Ilmu Parenting ala Rasulullah SAW yang Patut Dicontoh Orang Tua

Ilmu Parenting ala Rasulullah yang patut dicontoh orang tua-Foto: Ilustrasi-pexels.com/Andrea

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebagian ulama menyebutkan bahwa pola mendidik anak dengan meneladani perilaku Rasul adalah sunnah, yang jika dikerjakan maka akan mendapat pahala namun jika ditinggalkan tidak akan membuat dosa. 

Ilmu Parenting di dalam Islam mengajarkan cara pola asuh orang tua terhadap anaknya, di mana orang tua mendidik anaknya agar memiliki akhlak yang baik berdasarkan ajaran yang bersumber pada al-Quran dan hadist untuk terbentuknya generasi yang shalih shalihah.

Hal ini sudah disinggung dalam ayat al-Quran yang berkaitan dengan membentuk akhlak yang baik. Artinya; “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya:

“Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya memperseutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13)

BACA JUGA:

Pola asuh yang salah bisa memengaruhi mental anak, Bunda. Bisa saja Si Kecil menjadi anak yang manja, bergantung pada orang lain, bahkan hilang arah. Untuk itu, sebagai orang tua atau calon orang tua ataupun seorang pendidik, patutlah kita contoh perilaku Nabi. 

Berikut beberapa metode Parenting Ala Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, yang dapat dicontoh dan dijadikan teladan untuk mendidik anak.

Ajarkan Tanggung Jawab dan Amanah

Selain akhlak, mendidik anak ala Rasulullah juga melibatkan rasa tanggung jawab dan amanah. Rasulullah sendiri karena saking amanahnya sampai diberi gelar Al-Amin, yang artinya terpercaya.

Nah, jika ingin si kecil tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan amanah, maka orang tua tidak cukup hanya memberi teori namun juga harus disertai dengan contoh.

Misal dalam kehidupan sehari-hari, beri anak tanggung jawab untuk membereskan mainan yang sudah selesai dimainkan.

Lalu jika sudah usia sekolah, ajarkan anak mengenai tanggung jawab mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tanggung jawab utama lainnya adalah sholat 5 waktu jika anak sudah menginjak usia 7 tahun.

Pendidikan Agama Sejak Dini

Cara mendidik anak ala Rasulullah SAW yang pertama adalah mendidik anak dengan memperkenalkan agama sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: