Ilmu Parenting ala Rasulullah SAW yang Patut Dicontoh Orang Tua

Ilmu Parenting ala Rasulullah SAW yang Patut Dicontoh Orang Tua

Ilmu Parenting ala Rasulullah yang patut dicontoh orang tua-Foto: Ilustrasi-pexels.com/Andrea

Berikan Cinta dan Kasih Sayang 

Para Sahabat mengatakan bahwa Rasulullah SAW adalah seorang ayah, dan kakek yang penuh cinta dan kasih sayang. Rasulullah juga tanpa ragu menunjukkan kasih sayangnya kepada anak dan cucunya di hadapan masyarakat.

Hal tersebut membuat anak, hingga cucunya merasa dicintai dan disayangi. Orang tua yang memberikan kasih sayang kepada anak tidak hanya ibu semata, akan tetapi seorang ayah juga harus memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya.

Menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak sama dengan mengajarkan anak agar juga mencintai orang tuanya. Sebab, anak yang kekurangan kasih sayang orang tua biasanya akan memiliki kepribadian yang kurang baik bahkan bisa memiliki kepribadian yang negatif.

Ajarkan Memilih Teman

Memang benar bahwa manusia harus bersosialisasi dan baik kepada sesama, atau tidak membeda-bedakan.

Namun di sisi lain, orang tua juga perlu mengajarkan anak bagaimana cara untuk memilih teman yang dapat membawanya kepada kebaikan, bukan hal-hal yang justru menyimpang.

Menurut salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Imam Ahmad, Rasul bersabda bahwa bagaimana seseorang bersikap akan sangat tergantung pada teman-temannya, karena itu sebaiknya pilih lah teman yang baik.

Sebagai orang tua, Anda perlu ajarkan kepada anak mengenai lingkungan pertemanan seperti apa yang berdampak bagus dan sebaliknya.

Namun ajarkan juga kepada anak bagaimana sikap terhadap teman yang mungkin kurang bagus, misalnya anak tidak boleh melakukan bullying. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: