6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa dan Sahur, Salah Satunya Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa dan Sahur, Salah Satunya Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi buah kurma-Foto: Unsplash.com-

 

Cepat Kembalikan Energi

Saat berbuka puasa, kita semua disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Buah kurma merupakan rekomendasi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan. Karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa. Karena tubuh kita biasanya akan kehabisa energi dan membutuhkan asupan kalori sebagai bahan bakar energi yang cepat diserap tubuh.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurma yang sudah matang atau kurma kering, sama-sama mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C dan antioksidan yang ada di kurma juga bisa mengurangi risiko penyakit pernapasan. Vitamin lainnya, seperti vitamin A1, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B5 juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

 

Mempersiapkan Pencernaan Saat Berbuka

Dengan berbagai manfaat kurma bagi pencernaan, kurma juga tentu akan baik jika dikonsumsi sesaat sebelum mengonsumsi makanan berat. Karena, kurma dapat membantu lambung agar tidak kaget. Lambung yang kaget ini dikarenakan kondisi perut yang kosong selama berpuasa.Biasanya jika pada orang yang memang memiliki riwayat penyakit lambung, pada saat berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang berat langsung, akan sangat berbahaya, karena dapat menaikkan asam lambung dan membuat perih di lambung. Jadi alangkah baiknya jika sebelum mengonsumsi makanan berat, dapat memulai dengan mengonsumsi kurma terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Sumber Energi Cadangan

Pada saat puasa, biasanya tubuh kita akan cenderung kekurangan asupan nutrisi. Hal ini karena ada perubahan pola makan yang biasanya mengonsumsi makanan 3-4 kali dalam sehari dan pada saat puasa, hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka. Tentu dengan aktivitas yang banyak, dapat menyebabkan tubuh mengambil berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.Lalu, mengonsumsi buah kurma dapat menjadi solusinya. Karena jika rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa yang ada pada buah kurma dapat memberi kalori yang cukup sebagai sumber bahan bakar energi tambahan bagi tubuh. Energi ini akan sangat berguna untuk Anda menjalani aktifitas seharian.

Disebutkan beberapa kali dalam Al-Qur'an

Buah kurma juga sangat istimewa karena beberapa kali disebutkan dalam Al Quran. Misalnya di dalam Al Quran surat Maryam ayat 25:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: