Simak Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya, Lafalkan Agar Puasa Diterima Allah SWT

Simak Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya, Lafalkan Agar Puasa Diterima Allah SWT

Puasa qadha memiliki posisi yang istimewa dalam Islam-ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjelang puasa, ada bacaan doa niat yang wajib untuk kita hafalkan agar puasa kita bisa diterima oleh Allah SWT.

Memanjatkan niat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan juga merupakan sebuah janji yang umat ucapkan dalam hati.

Hal ini bertujuan agar setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasanya penuh dengan kesadaran dan keikhlasan.

Membaca niat puasa di bulan Ramadhan sangat penting dilakukan agar ibadah yang dilakukan bisa sejalan dengan keridhoan-Nya sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:10 Adab saat Berdoa di dalam Islam Sesuai Petunjuk Rasulullah SAW, Apa Saja?

BACA JUGA:Inilah 6 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Terkabulnya Doa

Bacaan niat hendaknya dilakukan sebelum melakukan ibadah puasa Ramadan. Kamu bisa melafalkan niat ibadah puasa Ramadan saat malam setelah salat Tarawih atau ketika selesai sahur sebelum Imsak.

Sebagai umat muslim perlu memahami bahwa niat merupakan fondasi dalam ibadah. Oleh karena itu, umat muslim wajib mengetahui bacaan niat ibadah puasa Ramadan.

Apabila tidak melafalkan niat, ibadah puasa Ramadannya tidak diterima. Hal ini sesuai hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan dengan sanad shahih dari Ibnu Umar dan Hafshah r.a. bahwa keduanya berkata:

"Barang siapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196).

Sambil menunggu kapan tanggal 1 Ramadhan tahun 2024 ini diumumkan, yuk mulai menghafal atau mengingat kembali bacaan niat doa puasa agar tidak salah:

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Latin: "Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: