Inilah 6 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Terkabulnya Doa

Inilah 6 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Terkabulnya Doa

Keutamaan makan sahur.-Foto: Unsplash.com/AbdullahArif-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Sebelum menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, umat Islam disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk bersantap sahur terlebih dahulu.

Ada banyak keutamaan sahur yang perlu diketahui. Tidak hanya membantu kamu agar kuat berpuasa, namun, di dalam sahur juga ada keberkahan dan ampunan. Keistimewaan sahur lainnya adalah makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak akan dihisab di akhirat kelak. 

Padahal dalam aturannya, apapun yang kita makan akan dihisab, lain halnya makanan saat sahur tidak demikian. Tapi dengan catatan makanan tersebut halal. Rasulullah saw bersabda,

BACA JUGA:

ثَلَاثَةٌ لَيْسَ عَلَيْهِمْ حِسَابٌ فِيْمَا طَعِمُوْا إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَى إِذَا كَانَ حَلَالًا: الصَّائِمُ وَالْمُتَسَحِّرُ وَالْمُرَابِطُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ    

Artinya: “Ada tiga makanan yang insyaallah tidak akan dihisab jika makanan tersebut halal, yaitu makanan orang yang (berbuka) puasa, makanan orang sahur, dan orang yang berjihad di jalan Allah.” (HR At-Thabrani). 

Keutamaan sahur bagi umat Islam adalah mendapat kemenangan besar, membiasakan diri bangun malam, memiliki waktu merenung, ini waktu dikabulkannya doa, menjalani sunah Rasulullah SAW, hingga menjadi pembeda umat Yahudi dan Nasrani.

Agar lebih memahaminya, berikut ulasan lebih mendalam mengenai keutamaan bersantap sahur sebelum berpuasa.

Mendapat Ampunan Dari Allah SWT

Allah SWT mengabulkan segala permintaan hambanya ketika waktu sahur tiba. Momentum itu adalah berkah yang bisa diperoleh seseorang yang makan sahur sebelum berpuasa. Hal itu tercantum dalam ayat Al-Qur'an bahwa waktu sahur ialah waktu terbaik untuk beristighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Ayat yang dimaksud terdapat dalam al-Qur'an surat Ali 'Imran ayat 17 yang berbunyi:

ٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْمُنفِقِينَ وَٱلْمُسْتَغْفِرِينَ بِٱلْأَسْحَارِ

Artinya : "(Yaitu) orang-orang yang bersabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur." (Q.S Ali 'Imran: 17)

Serta pada al-Qur'an surat adz-Dzariyat ayat 18 yang berbunyi:

وَبِٱلْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: