Inilah 6 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Terkabulnya Doa

Inilah 6 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Terkabulnya Doa

Keutamaan makan sahur.-Foto: Unsplash.com/AbdullahArif-

Artinya: "Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar." (Q.S adz-Dzariyat: 18)

Untuk itu, baiknya perbanyak doa dan memohon ampun kepada Allah SWT agar puasa selama bulan Ramadan bisa mendapat pahala yang maksimal.

 

Membiasakan Diri Bangun Malam

Keutamaan sahur bagi umat Islam adalah membuat seseorang bisa membiasakan diri bagun malam. Keberkahan sahur ada di saat-saat seperti ini. Ulama Quraish Shihab dalam channel Youtube Najwa Shihab menjelaskannya demikian. Menurutnya, membiasakan diri untuk tidak melaksanakan rutinitas kita seperti terus tertidur sampai pagi dan melupakan keutamaan bangun di tengah malam. Tidak lagi terbelenggu oleh rutinitasnya, dengan sahur menurutnya dia melawan rutinitas itu untuk mencapai sesuatu yang bermanfaat.

 

Waktu Mustajab Terkabulnya Doa 

Waktu sahur adalah salah satu waktu mustajabnya doa. Saat sahur, Allah SWT akan turun ke langit dunia dan mengabulkan doa apapun yang dipanjatkan oleh hamba-Nya. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:"Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni."(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

Meneladani Sunah Rasulullah SAW

Keutamaan sahur bagi umat Islam adalah bagian dari upaya meneladani sunah Rasulullah SAW. Seseorang yang senantiasa menaati Rasullullah SAW sama dengan telah menaati Allah SWT. Begitu pula barangsiapa yang menaati Rasulullah SAW dan Allah SWT sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

BACA JUGA:

Ada Keberkahan Dalam Sahur

Sahur membawa keberkahan adalah salah satu bentuk keutamaan sahur. Bahkan Rasulullah SAW meminta orang yang berpuasa agar sahur terlebih dahulu walaupun hanya dengan seteguk air. Diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: "Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur)." (HR. Ahmad)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: