Bawaslu Kabupaten Tangerang Dibanjiri Laporan Kecurangan Usai Pleno Rekapitulasi

Bawaslu Kabupaten Tangerang Dibanjiri Laporan Kecurangan Usai Pleno Rekapitulasi

Usai rapat pleno Rekapitulasi KPU Kabupaten Tangerang, Bawaslu kebanjiran banyak laporan kecurangan-Foto: Bawaslu Kabupaten Tangerang -

TANGERANG, RADARPENA.CO.ID- Laporan kecurangan maraknya dugaan penggelembungan suara calon anggota legislatif (caleg) membanjiri Bawaslu Kabupaten Tangerang

Fenomena tersebut terjadi usai rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pada tingkat kecamatan atau PPK.

Di antaranya, Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III, Muhammad Rizal yang melaporkan dugaan penggelembungan suara ke Bawaslu. 

BACA JUGA:Siap-Siap Tangani Caleg Depresi Gagal Pileg, Dinkes Banten Gandeng RSJ Grogol

"Kami hari ini melaporkan dugaan penggelembungan suara saat rapat pleno yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pasar Kemis," katanya, Kamis 7 Maret 2024. 

Rizal menjelaskan, ada sebuah kejanggalan dalam rapat pleno KPU Kabupaten Tangerang dari PPK Kecamatan Pasar Kemis.

Yakni, terdapat caleg DPR RI nomor urut 3 dari PAN bernama Okta Kumala Dewi, yang tiba tiba suaranya membesar.

Menurut Rizal, pada saat PPK Kecamatan Pasar Kemis mengeluarkan surat suara C1, total jumlah suara Okta hanya sebesar 11.279. Namun, kejanggalan terjadi ketika PPK Kecamatan Pasar Kemis mengeluarkan kembali surat suara C1 membengkak menjadi 16.150.

"Ini kejanggalan, awalnya di bawah saya kenapa tiba-tiba menjadi di atas? Kalau dihitung hampir 1.600 suara di-mark-up, dan kenapa hanya suara bu Okta yang berubah yang lain tidak, ini jelas sebuah akal-akalan," ujarnya.

BACA JUGA: PKS Soroti Kecurangan dan Intervensi Kekuasaan dalam Pemilu 2024

Sebelumnya, ada dugaan penggelembungan suara caleg untuk DPRD Provinsi Banten dari Partai Golkar ditemukan di daerah pemilihan (Dapil) Banten IV Kabupaten Tangerang. 

Modusnya mengambil suara dari partai di Dapil Banten IV yang sama dan ditambahkan pada suara caleg tertentu.

Ada 8 caleg Partai Golkar yang ikut bertarung di Dapil Banten IV, yaitu Greyfio Paltiray Putra, Wahyu Nugraha, Ningrum, Intan Nurul Hikmah, Medi Sumaedi, Saepul Abdul Rohman, Sopyan, Siti Sumiyati, dan Jaenudin.

BACA JUGA:Orang Cerdas Bukan yang Rangking 1, Ini Kata Gus Iqdam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: