Tanpa Gunakan Obat, 7 Cara Alami Ini Diyakini Mampu Hilangkan Insomnia

Tanpa Gunakan Obat, 7 Cara Alami Ini Diyakini Mampu Hilangkan Insomnia

Cara atasi insomnia dengan cara alami.-Foto: Pinterest.com/@stylecraze-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Banyak orang mengandalkan obat-obatan untuk membantu tidur, tetapi ada juga yang mencoba dengan cara-cara alami agar dapat membantu mengatasi insomnia tanpa obat.

Insomnia atau gangguan tidur ini, terjadi karena beberapa hal, seperti stres, pola tidur yang tidak teratur, atau mungkin bisa jadi karena kondisi tubuh kurang sehat.

Masalah kesehatan tersebut tidak boleh disepelekan, karena bisa memengaruhi kesehatan fisik dan emosional. Bila tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, suasana hati pun bisa terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi. 

Pengidapnya juga mungkin berisiko lebih tinggi mengalami kondisi seperti depresi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

BACA JUGA:

Untungnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Tidak perlu mengonsumsi obat-obatan, simak cara mengatasi insomnia secara alami pada ulasan artikel di bawah ini.

1. Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi dipercaya dapat memberikan efek positif pada kualitas tidur. Yoga berfungsi mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental. Meditasi dapat memberikkan efek tenang pada tubuh, karena dapat memberikan sensasi nyaman dan rileks pada tubuh. Meditasi dan yoga memungkinkan tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari kekhawatiran ataupun stres.

2. Mengatur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan mempengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

3. Batasi Aktivitas di Tempat Tidur

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan aktivitas intim. Hindari menggunakan tempat tidur untuk bekerja, menonton TV, atau menggunakan gadget. Dengan mengaitkan tempat tidur dengan tidur, Anda membantu mengondisikan otak Anda untuk bersiap tidur saat Anda berbaring di tempat tidur.

4. Penuhi Nutrisi yang Baik

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga bisa memengaruhi kualitas tidur kamu. Perbanyaklah mengonsumsi makanan bermagnesium. Mineral tersebut dipercaya bisa berfungsi sebagai penenang alami. Makanan kaya magnesium yang bisa kamu konsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: