Waspada 6 Gejala Diabetes Ini Sering Muncul di Malam Hari, Salah Satunya Insomnia

Waspada 6 Gejala Diabetes Ini Sering Muncul di Malam Hari, Salah Satunya Insomnia

Ilustrasi gejala diabetes bisa diketahui dari tanda-tanda yang sering muncul pada malam hari--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia di seluruh dunia.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. 

Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh. Kadar gula (glukosa) dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. 

Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.  Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

BACA JUGA:

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit diabetes, pasalnya pada tahap awal tidak ada gejala yang begitu berarti sehingga sering diabaikan oleh banyak orang.

Sebenarnya penyakit diabetes bisa diatasi apabila dengan pencegahan lebih dini melalui tanda-tanda yang bisa diketahui oleh orang tersebut.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa gejala diabetes bisa diketahui dari tanda-tanda yang sering muncul pada malam hari, apa iya?

Berikut ini adalah tanda-tanda yang muncul di malam hari oleh penderita yang mengalami gejala diabetes:

1. Sering Merasa Haus dan Banyak Kencing

Malam hari seringkali menjadi waktu di mana penderita diabetes mengalami peningkatan rasa haus dan sering buang air kencing. Hal ini terkait dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproses gula dengan efisien.

2. Serangan Nyeri Jantung

Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung. Gejala ini seringkali muncul di malam hari dan dapat mencakup nyeri dada, sesak napas, dan ketidaknyamanan di area dada.

3. Nyeri Kaki dan Kesemutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: