Memaknai Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Memaknai Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan dan keistimewaan bulan suci Ramadhan.-Foto: Unsplash.com/SR-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada bulan Ramadhan, semua kebaikan dan amal saleh yang dilakukan akan diberi pahala yang berkali-kali lipat. Pada bulan Ramadhan, pintu surga akan terbuka dan pintu neraka akan ditutup. 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh dengan ampunan. Alangkah baiknya jika memohon ampunan sebanyak-banyaknya kepada Allah pada bulan Ramadhan.

Begitu tinggi kemuliaan bulan suci Ramadhan dibanding dengan bulan-bulan lainnya laksana kemuliaan Allah dengan seluruh makhluk-Nya.

Bahkan dalam hadits yang lain telah ditegasklan pula bahwa seandainya umatku tahu tentang keutamaan-keutamaan yang ada pada bulan Ramadhan, pasti umatku akan berharap bahwa semua bulan dalam setahun adalah bulan ramadhan seluruhnya.

BACA JUGA:

Allah SWT membebaskan penghuni neraka pada setiap malam bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ   

"Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan); Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka,"(HR Tirmidzi).

Lantas, apa sih makna dari keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadan itu? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Ini adalah keutamaan bulan Ramadan yang paling istimewa, sebab menjadi bulan pertama kalinya diturunkan Al-Qur'an. Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

Artinya: "Beberapa hari yang ditentukan itu, yaitu bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil, (QS Al-Baqarah: 185).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: