Terlihat Sepele, Ini 7 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT, Cocok Jadi Bahan Renungan

Terlihat Sepele, Ini 7 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT, Cocok Jadi Bahan Renungan

Melalui buku karya Syaikh Abdurrazaq bin Abdulsulaiman al-badr, ada beberapa penyebab doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ada banyak penyebab doa yang sering kita panjatkan tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa adalah salah satu bentuk amalan yang penting. Saat berdoa, tentunya seorang muslim berharap agar Allah SWT mendengar dan mengabulkan doa tersebut.

Allah SWT telah berjanji bahwa akan mengabulkan apapun yang dimininta oleh hamba-Nya. Janji Allah SWT tersebut termaktub dalam Al-Qur'an maupun hadits.

BACA JUGA:Tempat Wisata Religi di Kota Serambi Madinah

BACA JUGA: Doa Memperkuat Iman Sambut Ramadan 1445 H

Banyak doa yang dijamah dan dikabulkan oleh Allah SWT, namun tidak sedikit juga doa yang tidak dikabulkan. Ada berbabagai macam penyebab sehingga doa kita tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, penting bagi kita ketahui penyebab doa tidak terkabul, hal ini bisa menjadi kesadaran diri kita supaya bisa merubah cara kita memanjatkan doa menjadi lebih baik.

Berdasarkan buku karya Syaikh Abdurrazaq bin Abdulsulaiman al-badr, diterangkan ada beberapa hal yang dapat menyebabkan doa tidak terkabul karena berbagai penyebab, seperti:

1. Tergesa-gesa 

Dari Abu Hurairah radhiyallohu'anhu, Nabi Shallallaahu'alaihi wa sallam pernah bersabda "doa sorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa dalam berdo'a. maksud tergesa-gesa disini ialah mereka yang mengatakan bahwasannya mereka telah berdoa namun tidak ada satupun doa yang dikabulkan oleh Allah SWT." (HR. Muslim, No 2735) 

2. Tidak meyakini bahwa Allah akan mengabulkannya 

"Berdoalah kepada Allah dalam kedaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai." (HR.Tirmidzi, No 3749)

3. Memakan, meminum, atau memakai hal yang haram 

"wahai manusia! ketahuilah Allah itu bersih dan tidak akan menerima kecuali yang bersih. ketahuilah Allah telah memerintahkan orang-orang beriman sebagaimana perintah-Nya kepada para nabi. "wahai para rasul! makanlah dari yang baik dan beramal baiklah! karena sesungguhnya aku maha mengetahui dengan perbuatan kalian!" (QS. Al-Mukmin;51)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: