Simak Hukum dan Aturan Qadha Puasa Jelang Ramadhan 2024

Simak Hukum dan Aturan Qadha Puasa Jelang Ramadhan 2024

doa tarawih dan witir--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hanya tinggal menghitung hari, umat muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadhan 2024.

Muhammadiyah sudah menetapkan Ramadhan 2024 pertama pada tanggal 11 Maret 2024, sedangkan NU dan Pemerintah masih menunggu ketetapan hilal dan rukyat.

Meskipun ada perbedaan dalam awal puasa Ramadhan 2024, namun antusias seluruh umat yang beragama Islam menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat dengan hati yang suci.

BACA JUGA:Hal-hal yang Harus Dihindari dan Dapat Membatalkan Puasa, Muslim Wajib Tahu!

Pada umumnya kita mengetahui bahwa menjalani ibadah puasa adalah wajib hukumnya baik laki-laki maupun perempuan yang beriman dan beragama Islam.

Namun kita juga mengetahui bahwa bagi perempuan, akan sulit untuk menjalani ibadah puasa 30 hari secara penuh. Meskipun ada, itu adalah hal yang sangat jarang terjadi.

Perempuan rentan batal atau tidak menjalani puasa secara penuh dalam satu bulan, karena adanya siklus haid secara normal.

Namun apakah boleh mengganti puasa? dan bagaimana tata aturan menurut hukum Islam? Yuk kita simak bersama.

Apa itu Puasa Ganti?

Sewajibnya kita mengetahui dulu pengertian dari Puasa Ganti atau Qadha puasa, adalah mengganti puasa yang seharusnya dilakukan pada Ramadhan namun tidak dapat dilakukan karena uzur tertentu seperti sakit atau perjalanan jauh.

Qadha puasa Ramadhan wajib hukumnya bagi yang meninggalkan. Puasa qadha dikerjakan sejumlah hari yang ditinggalkan. 

Aturan ini juga sudah tertuang dan disebutkan dalam Al-Qur’an di surat Al-Baqarah ayat 184, yang artinya sebagai berikut:

"Beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui," seperti dikutip dari laman Kementerian Agama

BACA JUGA:Fakta Ramadhan 2024: 6 Manfaat Buah Kurma sebagai Sajian Bergizi Saat Berbuka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: