Cegah Bahasa Daerah Bengkulu dari Kepunahan, Pemrov Bersama Kantor Bahasa Gelar Rakor

Cegah Bahasa Daerah Bengkulu dari Kepunahan, Pemrov Bersama Kantor Bahasa  Gelar Rakor

Pemprov Bengkulu bersama Kantor Bahasa Menggelar kegiatan Rakor Revitalisasi Bahasa Daerah Selasa 5 Maret 2024 foto : Media Center --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID -Provinsi Bengkulu merupakan sebuah daerah yang kaya akan bahasa lokal.Bahasa-bahasa tersebut tetap lestari hingga kini.

Masyarakat Bengkulu baik yang tinggal di daerah pesisir maupun di daerah dataran tinggi pegunungan, memiliki Bahasa lokal sendiri-sendiri yang mencerminkan kekayaan suku-suku yang ada di Bengkulu 

Masyarakat Bengkulu terutama yang menetap di kawasan Pedesaan, masih bertutur kata dengan Bahasa daerahnya sendiri tersebut.

Walau penuturnya masih didominasi oleh orang tua-tua atau yang sudah berusia lanjut.

BACA JUGA:Prabowo Paparkan soal Transisi Pemerintahan dan Ekonomi Jadi Sorotan Media Asing

BACA JUGA:Tolak Hak Angket, Grindra: Lebih Penting Hak Sopir Angkot

Sebagian pelajar di daerah-daerah masih cukup banyak yang menggunakan Bahasa lokal karena faktor lingkungan 

Meski begitu akhir-akhir ini sudah mulai dirasakan, jumlah penutur Bahasa lokal Bengkulu yang kaya ragam itu mulai  berkurang jumlah penggunanya.

Banyak faktor pemicunya antara lain, karena sudah pindah ke perkotaan sehingga bahasa daerah pemakaiannya menjadi berkurang. 

Bahasa lokal Bengkulu itu antara lain Bahasa Rejang, Bahasa Serawai, Bahasa Lembak, Bahasa Melayu Bengkulu, Bahasa Mukomuko, Bahasa Kaur, Bahasa Pekal  dan lain sebagainya. 

Kondisi demikian cukup disadari oleh Pemerintah provinsi Bengkulu sehingga kini gencar mengajak semua elemen masyarakat untuk  melestarikan Penggunaan  Bahasa Daerah atau Bahasa lokal

Hal demikian seperti terpantau pada Rapat Koordinasi (Rakor) Revitalisasi Bahasa Daerah Provinsi Bengkulu tahun 2024 di Grage Hotel Bengkulu Selasa 5 Maret 2024.

Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Nandar Munadi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Revitalisasi Bahasa Daerah Provinsi Bengkulu Tahun 2024 di Hotel Grage Bengkulu, Selasa 5 Maret 2024 tersebut mengatakan era globalisasi saat ini pemerintah terus berupaya menjaga, mencegah dan melestàrikan bahasa daerah agar tidak punah.

"Kita diminta untuk mencegah dan melestarikan bahasa daerah yang ada di daerah kita (agar tak punah), 'ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: